Ragam

Mendekat Ke Alam Jadi Pengimbang Kesibukan Hafisz

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Minggu, 30 Nov 2014 - 10:35:25 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

63hafisz4.jpg

Ahmad Hafisz Tohir (Sumber foto : Syamsul Bachtiar)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kecintaannya pada alam yang sudah tertanam sejak lama tidak pernah bisa dikalahkan dengan kesibukan lainnya sebagai seorang pegusaha dan juga sebagai seorang politisi. Meski sibuk sebagai anggota DPR dan aneka kegiatan partai lain, Ahmad Hafisz Tohir tak pernah meninggalkan hobi lamanya. DIa sangat menyukai hal-hal yang berbau alam.

Lahan rumahnya yang luas memberinya keleluasaan untuk memuaskan diri menanam pepohonan yang dia suka sehingga selalu merasa dekat dengan alam. Aneka pohon pun memenuhi pekarangan rumah bagai hutan kecil yang rindang dan asri. Ada duku, manggis, pisang, jambu, apel, rambutan, sawo kecik, mangga, jambu bol dari Amerika Latin, sirsak, kelapa, belimbing, markisa, srikaya dan aneka tanaman obat dan buah lainnya.

"Saya lebih suka tanaman buah lokal, meski ada beberapa tanaman buah dari luar diantaranya jambu bol," kata Ketua Komisi VI DPR ini menceritakan aneka tanaman yang jadi koleksi di pekarangan rumahnya kepada TeropongSenayan.

Tidak hanya sekadar hobi, Hafisz juga mengaku merawat sendiri tanaman-tanaman koleksinya itu. Di waktu senggang dia memberi perhatian khusus pada tanamannya mulai dari memberi pupuk sampai membersihkan pohon dan ranting-rantignya. Memang hal itu tidak harus dilakukannya sendiri, tapi setiap ada waktu, dia selalu turun tangan sendiri sekaligus penyaluran hobinya.

"Prinsipnya saya ingin dekat dengan alam. Ini juga bagian dari filosofi hidup yang sederhana saja, bahwa kita dari tanah akan kembali lagi jadi tanah. Makin dekat dengan alam insyaallah kemudahan hidup akan bersama kita," paparnya.

Ternyata Hafisz tidak hanya menyukai aneka jenis tanaman buah saja, tetapi juga memiliki beberapa binatang peliharaan. Diantara yang paling dia suka memelihara ayam kampung. "Saya suka ayam kampung sehingga saya pelihara. Tapi supaya tidak mengganggu dibuatkan kandang tersendiri," ujarnya.

Binatang peliharaan dan tanaman buah merupakan kesukaan yang memberi warna lain dan hanya bisa dinikmati saat di rumah. Hafisz ternyata juga seorang penyuka batu mulia. Salah satunya kesukaan Politisi PAN ini adalah batu mulia jenis Jamrud Kristal Kolombia. Batu mulia berwarna hijau berkilauan itu selalu melingkar di jari manis tangan kanannya.

"Ada beberapa jenis batu mulia yang saya koleksi. Tapi Jamrud Kristal Kolombia ini yang paling saya suka. Batu ini punya ikatan batin dengan saya karena pemberian orang tua. Ini warisan almarhum ayah saya yang wafat April 2013 lalu," ujarnya.

Tanaman, binatang piaran dan batu mulia, semua seperti memberi warna berbeda dari hingar bingar kesibukannya di bisnis maupun sebagai politisi Ahmad Hafisz Tohir. Warna warni itu rupanya diperlukan untuk saling mengisi secara seimbang sehingga memberi keseimbangan dalam hidup yang sempurna.(ss)

tag: #Hafisz   #PAN   #Komisi VI   #DPR   #Koleksi Tanaman  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement