Opini

Ironi Pemilik Asli Nusantara

Oleh La Ode Ida pada hari Minggu, 11 Okt 2015 - 12:59:40 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

2580e3e778e7b0003f4b7e0051f76bfe9c1ea46d5b.jpg

Kolom Santai Siang Bareng La Ode Ida (Sumber foto : Ilustrasi/TeropongSenayan)

Bangsa ini memang harus hati-hati. Karena watak kultural atau bawaan setiap elemen pemilik asli Nusantara ini adalah "ramah dan selalu menghargai pendatang". Akibatnya tak sadar "kemudi rumah tangga sendiri sudah akan jatuh pada pendatang dihargai itu".

Anehnya, dan ini fakta lapangan, ketika sudah memperoleh ruang dan mampu meluluhkan oknum berwenang dengan "prinsip tiga jari" itu, maka ruang untuk yang punya rumah pun ditutup atau dilarang dengan cara-cara kasar. 

Ini benar-benar kejadian di lapangan. Beberapa bulan lalu, saudara saya yang kebetulan dagang kecil-kecilan alat-alat olah raga di beberapa kios di mall kawasan Bekasi, mengalami perlakuan yang hampir fatal. 

Saudara saya dihalangi untuk jualan, karena dianggap sebagai pesaing. Bahkan distributor pemasuk alat-alat olah raga yang dijualnya itu diminta untuk tak suplai barang ke saudara saya. Tapi tak mampu.

Akhirnya, karyawan saudara saya ditikam oleh pesaing yang nota bene pendatang itu. Terjadi keribukan besar di mall itu, karena pihak saudara saya tak mau trima atas perlakuan kekerasan itu.

Penikam itu kemudian dilaporkan ke polisi setempat. Tapi aneh, hingga jelas dua minggu laporan itu tak diproses. Sang penikam terus saja bebas. Untung ada keluarga yang juga polisi datang ke kantor polisi di Bekasi itu dan menekan, minta untuk laporan penikaman segera diproses. Dan setelah itu baru memang diproses. 

Dari kasus ini, setidaknya ada dua pelajaran penting yang harus diwaspadai oleh pemilik Nusantara ini ke depan. Pertama, pebisnis pendatang, saking begitu serakahnya, tak akan sungkan-sungkan menutup atau mematikan sumber hidup atau bisnis pesaingnya dari warga lokal. 

Kedua, pihak oknum berwenang dan atau berkuasa bukan mustahil akan selalu berpihak pada mereka-mereka yang efektif menggunakan prinsip "tiga jari".(*)

 

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #Kolom   #Makan Siang   #la ode ida  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement