Berita

Pansel KPK Bawa Pesan untuk Amankan Kepentingan Jokowi

Oleh Emka Abdullah pada hari Minggu, 24 Mei 2015 - 11:05:49 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

74052459_292662_jokowi_jk_jalan.jpg

Presiden Jokowi (Sumber foto : ISTIMEWA)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Ucok Sky Khadafi meragukan kemampuan panitia seleksi (pansel) KPK mampu memilih komisioner KPK yang punya integritas dan keberanian memberantas korupsi. Pasalnya, pansel itu beranggotakan orang-orang PNS, pejabat BUMN dan tidak punya rekam jejak yang jelas dalam pemberantasan korupsi.

"Saya hanya bisa menangkap kesan bahwa pansel itu membawa pesan untuk mengamankan kepentingan Jokowi selama lima tahun ke depan," ujar Ucok kepada TeropongSenayan di Jakarta, Minggu (24/5/2015).

Ucok menduga Jokowi tidak tau banyak latarbelakang para anggota Pansel karena memang Jokowi sebagai orang baru di perpolitikan nasional. Yang tahu banyak dan memilih para anggota pansel adalah orang-orang di sekitar istana. "Jadi orang-orang Istana Merdeka lah yang mendesain agar pansel dapat memilih komisioner yang diharapkan bisa mengamankan kepentingan Jokowi selama lima tahun," papar Ucok.

Tentang penunjukan pansel yang semua perempuan juga dianggap tidak ada relevansinya dengan kualitas komisioner KPK yang akan dihasilkannya. "Bukan soal perempuan atau laki-laki. Yang penting kualitas, integritas dan independensinya," pungkas Ucok.

Sebagaimana diketahui, Presiden telah memilih 9 nama anggota pansel KPK yang semuanya perempuan. Pansel itu akan memilih calon komisioner KPK untuk selanjutnya diserahkan ke DPR. (ai)

tag: #Pansel KPK   #DPR   #Srikandi  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement