Ragam

Wow, Fadli Zon Punya Koleksi Keris 1.200 Buah

Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 20 Mei 2015 - 19:52:26 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

8FadliZon.jpg

Fadli Zon (kedua, kanan) bersama Ketua DPR Setya Novanto saat membuka pameran keris di gedung DPR RI, Rabu (20/5/2015) dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan bahwa dirinya banyak mengoleksi keris. Bahkan koleksinya itu mencapai 1.200 buah. Keris itu dia kumpulkan sejak mahasiswa dulu.

Fadli mengungkapkan, keris paling tua yang ia miliki ada yang berumur 11 abad lebih. Keris tersebut di antaranya, jenis keris Singosari dan juga Nogosiluman, kerisnya Pangeran Diponegoro.

"Ada yang beli dan ada yang dikasih orang. Keris-kerisnya sendiri ada yang dari Jawa, Sumatera Minang, Riau, Palembang, kemudian Bugis, Lombok dan Bali," kata Fadli di gedung kura-kura kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Layaknya kebanyakan pengoleksi keris, wakil ketua umum Partai Gerindra ini pun tak menampik jika sejumlah kerisnya itu pada malam satu suro selalu dibersihkan dan diberi pewangi.

"Itu kan tradisi ya. Pas satu suro kadang-kadang saya ikuti, tapi yang bagus dua tahun sekali dibersihkannya," paparnya.(yn)

tag: #keris   #fadli zon   #pameran keris  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement