Berita

Ekonomi Lesu, Target Penerimaan Pajak Rp 1.294 Triliun Dinilai Sulit Terwujud

Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 06 Mei 2015 - 21:50:37 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

79GusIrawan_ist.jpeg

Gus Irawan Pasaribu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi XI Gus Irawan Pasaribu mengatakan, dengan terus merosotnya perekonomian saat ini, diperkirakan target penerimaan pajak yang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 sebesar Rp 1.294,25 triliun sulit terwujud.

"Saya kira pemerintah tidak mampu mencapai target penerimaan pajak, Kemenkeu saja melaporkan hingga 30 April 2015, jumlah pajak yang berhasil dikumpulkan sebanyak Rp 310,1 triliun. Angka tersebut baru menyentuh 23,95 persen, ini kan sangat rendah sekali," kata Gus pada TeropongSenayan, Rabu (6/5/2015).

Jika dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu, sebut Gus, penerimaan pajak selama empat bulan tersebut tercatat lebih rendah 1,29 persen.

"Pemerintah kan sudah berjalan enam bulan, seharusnya ini menjadi prioritas tersendiri untuk menyelesaikan masalah ini," ujarnya.

Legislator dari Fraksi Partai Gerindra ini meminta pemerintah untuk terus menggenjot sejumlah proyek pembangunan di Indonesia, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Dari awal kita (Komisi XI) mendorong pemerintah untuk menyelesaikan semua proyek-proyek pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi kita," tutur dia.

Ia menilai pembagunan ekonomi harus cepat diselesaikan, karena dampaknya sangat terasa untuk pendapatan negara. "Ini pasti akan berdampak pada target penerimaan pajak kita yang sangat rendah, kalau kita tidak membenahi secara cepat," tuntasnya.(yn)

tag: #pajak   #target pajak   #pajak indonesia  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement