Berita

Cari Simpati, Menaker dan Kapolri Sholat Jumat Bersama Buruh

Oleh Alfian Risfil Auton/Ahmad Hatim Benarfa pada hari Jumat, 01 Mei 2015 - 15:05:52 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

36IMG_20150501_135720.jpg

Menaker Hanif Dhakiri dan Kapolri Sholat Jumat Bersama Buruh di Monas, Jumat (1/5/2015) (Sumber foto : Ahmad Hatim Benarfa/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Menakertrans Hanif Dhakiri bersama Kapolri Badrodin Haiti melaksanakan sholat Jumat bersama kaum buruh yang tergabung Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI). Mereka mencari simpati.

Sholat Jumat yang berlangsung di kawasan Monas yang berlokasi diseberang Istana Merdeka, Jakarta itu diikuti ribuan buruh muslim yang tengah mengikuti demontrasi memperingati Hari Buruh Dunia yang jatuh Jumat (01/05/15).

Usai sholat, Hanif dengan gaya khasnya dengan mengenakan kemeja lengan panjang warna putih, menemui ribuan buruh yang berunjuk rasa di depan Istana. Ia mengatakan kehadirannya sebagai bukti keseriusan pemerintah menangani hubungan industri dengan tenaga kerja. 

"Saya sengaja menyempatkan ke sini dan ini bukti pemerintah serius dengan hubungan industri dan tenaga kerja. Apapun persoalan dan tuntutannya, tentu kita akan fasilitasi dengan sebaik-baiknya. Hak-hak buruh selalu menjadi perhatian kita," ujar Hanif kepada awak media.

Sesaat kemudian, Hanif juga menyempatkan berdialog dengan beberapa organisasi buruh yang sedang berunjuk rasa dan menegaskan komintmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan kaum buruh. Dialog berlangsung spontan diikuti buruh yang berkumpul ditempat Menaker Hanif berdiri.

Namun, kata Hanif, untuk mewujudkan kondisi sejahtera tersebut, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Sebaliknya buruh juga tak bisa sendirian mewujudkan kesejahteraan. Sehingga Hanif berharap terjadinya kesepahaman antara dua belah pihak dalam mencarikan solusi.

Ia juga memastikan, pemerintah tidak akan mungkin mengambil keputusan yang menyengsarakan buruh. Oleh karenanya, ia meminta serikat pekerja untuk mau duduk bersama menemukan solusi bagi persoalan buruh.

"Atas nama pemerintah, saya akan berpihak pada keadilan. Mari kita ciptakan suasana kondusif untuk komunikasi mencari solusi," papar Hanif yang juga politisi PKB ini.(ris)

tag: #menaker   #buruh   #sholat jumat  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement