Ragam

Benarkah Mobil Jokowi Setara Cadillac One Milik Barack Obama?

Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 25 Apr 2015 - 10:56:32 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

5cadillac Obama.jpg

Cadillac Presidential Limousine Yang Digunakan Presiden AS Barack Obama (Sumber foto : kompas.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Mobil dinas kepresidenan Joko Widodo, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard diyakini tak kalah canggih dengan Cadillac Presidential Limousine yang biasa digunakan Presiden AS Barack Obama. Baik Mercedes-Benz Limousine S600 Pullman Guard yang digunakan Presiden Jokowi maupun Cadillac Presidential Limousine Obama sama-sama anti peluru. Mampu menahan ledakan dan granat dan sejumlah kecanggihan lainnya.

Bedanya, Limousine Jokowi buatan Jerman yang tak mungkin diproduksi di dalam negeri. Sementara mobil Obama yang biasa disebut Cadillac One ini  dibuat secara khusus oleh pabrikan General Motors (GM).

Merek Mercedes ini tampaknya sudah menjadi ikon mobil kepresiden RI. Sejak zaman Presiden Soeharto mobil kepresidenan  menggunakan Mercedes-Benz seri 500SEL. Setelah lama menggunakan 500SEL, pada 1994 akhirnya Soeharto mengganti mobil kepresidenan dengan tipe Mercedes-Benz S600.

Dari catatan sejarah ternyata Mercedes-Benz S600 tahun 1994 juga dipakai pada masa era Presiden Habibie, lalu KH Abdurrahman Wahid, Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pada pemerintahan SBY 2004-2009, dia juga masih menggunakan mobil kepresidenan lama  Mercedes-Benz S600 keluaran 1994. Namun periode kedua Presiden SBY mengganti mobil dinas іtυ ԁеnɡаn Mercedes-Benz S600 (Pullman Care fοr Limousine) produksi 2008. Hanya saja, Mercy S600 Pullman Care fοr іnі resmi dipakai pertama kali pada 2009.

Spesifikasi Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, antara lain berlapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Dapat menahan tiga tembakan senapan militer M60, M14, atau FAL-FN, serta tembakan senjata kecil seperi M16, dan 357 Magnum.

Keunggulan lain dari sisi keamanan, ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470 AC, yang mampu membuat mobil tetap bisa berjalan sejauh 60 kilometer tanpa udara. Dilengkapi sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan. Tangki bahan bakar 90 liter dan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

Selain itu, tersedia pula kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, serta tirai belakang listrik.

Spesifikasi Cadillac Presidential Limousine yang dihimpun TeropongSenayan dari berbagai sumber menyebutkan Cadillac Presidential Limousine  memiliki kriteria, chassis dipersenjatai dengan rangka truk berukuran medium. Serta diperkuat dengan kevlar dan logam setebal 5 inch di bawah mobil yang tahan bom dan granat.

Bodi Cadillac, perpaduan eksterior Cadillac STS and DTS. Dibuat dari baja hardened, titanium, aluminium dan dilapis keramik untuk menahan serangan peluru penembus metal. Adapun pintu Cadillac, berlapis baja tahan peluru setebal 8 inch dan memiliki berat sama dengan pintu pesawat Boeing 757.

Sementara sopir alias pengemudi harus melalui traing khusus dari CIA. Latihan ini guna menghadapi situasi keamanan segenting apapun. Pada ruang belakang, dilengkapi teknologi Informasi, komputer dengan akses Wi-Fi, telepon satelit yang punya koneksi sambungan langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon.

Tangki Bensin, ada pelapis tahan benturan dan busa spesial yang dapat mencegah meledaknya tangki. Meskipun mendapat benturan dan tembakan langsung. Tekonologi roda anti sobek dan pecah dengan penguat baja. Sehingga mobil berlari dalam kecepatan penuh dalam kondisi ban apapun.

Peralatan Pertahanan, dilengkapi dengan shotgun, night-vision, dan kanon gas air mata. Ada satu tabung berisi darah Presiden, seandainya membutuhkan transfusi darah darurat.

Disisi lain, Bendera AS dan Kepresidenan terdapat pada fender depan dengan fitur LED, guna menyoroti bendera di malam hari. Dari teknologi mesin memiliki kapasitas 6500cc diesel. Kecepatan maksimum 60 mil/jam (96 km/jam). Konsumsi bahan bakar sekitar 8 mil per galon. (ec)

tag: #Fasilitas DPR  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement