Bisnis

Petani Menjerit, DPR Diminta Segera Bentuk Panja Gula

Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 06 Apr 2015 - 17:38:32 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

50Rapat Komisi VI.jpeg

Rapat Kerja Komisi VI bersama Menteri BUMN (Sumber foto : Sahlan Ake/teropongsenayan.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi VI DPR RI Nasril Bahar minta Komisi VI agar segera membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk industri gula. Hal itu guna membenahi regulasi industri gula nasional.

"Saya sarankan Komisi VI agar segera membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk industri gula. Hal itu guna membenahi regulasi terkait industri gula nasional," kata Nasril saat rapat kerja (Raker) dengan Menteri BUMN Rini Soemarno di Gedung Nusantara I DPR, Senin (6/4/2015). 

Menurut Nasril program swasembada gula bukanlah hal yang mudah. Sudah sejak 2004 dicanangkan namun tidak tercapai hingga saat ini.

"Program ini sudah dari 2004 kita bahas gula di Komisi VI. Tapi mana, belum juga berhasil. Apakah benar pernyataan (Presiden) Jokowi itu bisa diterapkan oleh menteri-menterinya," katanya.

Nasril menegaskan bahwa pernyataannya tersebut merupakan hal yang serius. Pasalnya, para petani gula sudah resah dengan adanya impor gula dari negara lain.

"Para petani gula sudah banyak yang mengeluhkan masalah impor, hasil dalam negeri disuruh bersaing dengan harga luar yang lebih murah," ungkapnya.

Raker Komisi VI DPR turut dihadiri oleh seluruh menteri dan jajaran Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kemenkop dan UMKM, BKPM, dan BSN. (al)

tag: #impor gula   #petani menjerit   #panja gula  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement