Opini

Balkanisasi Parpol dan Ormas (1)

Oleh Adhie Massardi (Koordinator Gerakan Indonesia Bersih) pada hari Selasa, 17 Mar 2015 - 08:02:41 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

88Screenshot_2015-03-17-07-53-28_1426553653415.jpg

Adhie Massardi, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (Sumber foto : antaranews)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Terbelahnya Partai Golkar dan PPP bukan sesuatu yang tiba-tiba. Sejatinya ini adalah wujud dari agenda tersembunyi dari kolaborasi pemilik modal dan politisi karbitan yang muncul di era demokrasi terbuka saat ini.

Tak hanya parpol, mereka juga menjadikan ormas (organisasi massa) sebagai sasaran politik pecah belah. Tak heran jika beberapa waktu belakangan dan hari-hari ke depan konflik internal ormas juga semakin memanas. Sebab serangan politik pecah belah tengah beroperasi.

Mereka menggarap bukan hanya ormas papan bawah, namun juga ormas papan atas. Nahdlatul Ulama (NU) bahkan menjadi salah satu target! Operasi menggarap NU sudah berjalan. Intrik maupun kritik sudah ditebar hingga ke jantung organisasi massa kaum santri ini.

Mengapa parpol dan ormas menjadi sasaran politik pecah belah? Ini adalah bagian agenda besar untuk melumpuhkan sekaligus memereteli keutuhan NKRI hingga ke akar-akarnya. Parpol dan ormas menjadi batu sandungan mereka.

Mereka masih belum puas dengan otonomi daerah. Meski sudah berhasil memutus kendali pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah, mereka masih menemui ganjalan saat melancarkan target menguasai sumber daya alam di daerah yakni parpol dan ormas.

Birokrasi sudah dengan mudah mereka taklukkan. Lihatlah Exxon tak perlu lagi repot berurusan dengan pemerintah pusat dan parlemen untuk mengeksploitasi sumber daya minyak di Natuna. Juga Total di Mahakam maupun Freeport di Papua.

Namun, gerakan parpol dan ormas yang tak pernah berhenti menyuarakan kritik penguasaan sumber daya alam dinilai berisik dan mengancam langkah-langkah jahat mereka. Maka parpol dan ormas menjadi sasaran antara mereka.

Hanya saja mereka sadar tidak bisa menghabisi keberadaan parpol dan ormas. Oleh sebab itu operasi jahat yang mereka lakukan adalah melemahkan parpol dan ormas. Terutama yang memiliki akar kuat hingga pelosok. 

Mereka sengaja melakukan operasi 'Balkanisasi' atau memecah belah parpol dan ormas. Mereka tidak ingin langkah jahat mereka terhambat oleh suara kritis. Pilihannya adalah melemahkan kekuatan parpol dan ormas dengan cara memecah belah persis seperti jaman Belanda.(ris)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #adhie   #balkanisasi parpol   #exxon  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement