Berita

Komisi XI Yakin Indonesia Mampu Swasembada Garam

Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Kamis, 05 Mar 2015 - 16:42:47 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

19DSC_0280.JPG

Fadel Muhammad (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

‎JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Ketua Komisi XI DPR RI Fadel Muhammad mengatakan, sebenarnya Indonesia mampu merealisasikan swasembada garam.
Menurutnya, tinggal sejauh mana keseriusan pemerintah dalam mengusahakan keinginan untuk hal itu.

"Indonesia mampu swasembada garam. Tinggal kita harus menaikkan produksi ke angka 4 juta ton. Asal yang penting pak Dirman (Menteri ESDM Sudirman Said) dapat bekerja secara maksimal dan mengandalkan dari lahan yang ada di 44 kabupaten di seluruh Indonesia," kata Fadel dalam diskusi "Proyeksi Swasembada Garam 2015" di Matraman, Jakarta Timur, Rabu (5/2/2015).

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan menyarankan, lebih baik pemerintah menaikkan produksi ketimbang impor garam. Fadel menyatakan bahwa sebenarnya pemerintah dapat memenuhi kebutuhan ‎garam dan bahan pokok lainnya tanpa harus ketergantungan terhadap impor.

"Kalau ada yang bilang kita kekurangan (dalam memenuhi kebutuhan nasional), itu bohong," ucapnya.

Agar dapat memenuhi kebutuhan garam nasional, jelas Fadel, ‎pemerintah harus memiliki proyeksi peningkatan produksi dengan rata-rata 120 ton per hektar lahan. Ia juga menyarankan supaya pemerintah memberikan perhatian untuk memodernisasi alat untuk mempercepat produksi garam.

"Ada itu salah satu teknologi namanya Ramsol. Ramsol tersebut dapat mempercepat produksi dan membuat garam lebih cepat kering," ungkap politisi Partai Golkar tersebut.(yn)

tag: #Swasembada Garam   #Menteri KKP   #Parlemen  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement