Berita

Nah, Syaikhul Tuding Lifting Migas Menteri ESDM Angka Politis

Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 28 Jan 2015 - 19:53:35 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

42syaikhulislam-sahlan.jpg

Syaikhul Islam, Anggota Komisi VII dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (Sumber foto : Sahlan Ake/Teropong Senayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ini bisa jadi istilah baru. Anggota Komisi VII, Syaikhul Islam menilai target lifting Menteri ESDM sebesar 849.000 ribu barel per hari bukan hasil hitungan realistis, namung angka politis. Angka itu terlalu besar dari kemampuan merealisasikan.

"Saya kira pak menteri harus realitis target lifting kita, saya kita target ini dihitung dari unsur politis bukan dari unsur bisnis," cetus Syaikhul saat rapat kerja dengan menteri ESDM di Komisi VII DPR, komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan target yang di patok pemerintah ini terlalu besar tetapi realisasinya sangat jauh dari target. "Ini setiap tahun selalu seperti ini, jadi jangan berandai-andai target lifting (sebesar-red) pada tahun ini," katanya.

Syaikhul mengungkapkan dilapangan sumur-sumur minyak Indonesia sudah tua dan produksinya turun 5 % per tahun. "Bagaimana bisa kita menargetkan lifting sebesar itu, banyak masalah yang harus diselesaikan, seperti infrastruktur migas yang harus diperhatikan," tandas Syaikhul.

Produksi minyak mentah Indonesia memang mengalami penurunan sejak era tahun 2000-an. Kalangan ahli perminyakan ini sebagai penurunan alami (natural depletion). Penyebabnya sumur-sumur minyak ini sudah bertahun-tahun dikuras sehingga cadangannya semakin berkurang.(ris)

tag: #Syaikhul   #PKB   #Lifting  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement