Berita

Arbi: Dari Usia dan Mental Megawati Tidak Pantas Pimpin PDIP Lagi

Oleh Emka Abdullah pada hari Senin, 05 Jan 2015 - 00:56:57 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

98jokowi-mega-cium.jpg

Megawati dan Jokowi dalam satu acara (Sumber foto : Eko Hilman)

JAKARTA (TEROPONGSENAYaN) -Megawati Soekarnoputri tidak pantas lagi menjadi ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selain masalah usia, faktor fisik dan mental Megawati juga dianggap tidak memadai lagi untuk memimpin PDIP.

"Sebaiknya Megawati pensiun saja, serahkan kepada yang lebih muda dan lebih potensial," ujar pengamat politik Arbi Sanit kepada TeropongSenayan, di Jakarta (5/1/2015).

Arbi mengakui adanya dilema pada PDIP dalam suksesi kepemimpinan karena partai berlambang kepala banteng itu dianggap sebagai warisan Bung Karno. Karena itu, kalau akan dilakukan suksesi harus kepada keluarga Bung Karno.

Namun, masih kata Arbi, keluarga dari Bung Karno belum ada yang layak untuk menggantikan Megawati. "Puan Maharani yang merupakan anak kandung Megawati belum mampu mengantikan ibunya," tambah Arbi.

Di sisi lain, lanjut Arbi, figur-figur di luar keluarga Bung Karno dianggap tidak memiliki 'darah biru' dan bukan pewaris Bung Karno.

Arbi menilai keyakinan bahwa PDIP merupakan partai warisan Bung Karno akan menjadi penghambat figur-figur potensial untuk maju sekaligus regenerasi di PDIP. "Saatnya PDIP menjadi partai terbuka. Kader non keluarga Bung Karno pun harus diberi kesempatan menjadi ketua umum asalkan memenuhi syarat," papar Arbi.

Pada 2015 ini PDIP akan menggelar kongres untuk memilih ketua umum. Sejauh ini belum ada figur lain yang menyatakan akan maju menjadi kandidat ketua umum selain Megawati Soekarmoputri.(ss)

tag: #Megawati   #Jokowi   #mental   #usia  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement