Ragam

Zainudin Amali: Baca Buku Agar Otak Bergerak

Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 12 Des 2014 - 09:02:15 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

28zainuddin-amali.jpg

Zainudin Amali (Sumber foto : Sahlan Ake)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Membaca buku selain menambah wawasan juga membuat otak selalu aktif. Apa saja jenis bacaan pada dasarnya bermanfat bagi otak. Itu pula yang dipercayai politisi Partai Golkar Zainudin Amali. Diantara kesibukannya dia selalu meluangkan waktunya untuk membaca buku agar otaknya selalu aktif bergerak.

Diantara buku bacaan yang dilalapnya, dia paling suka membaca buku-buku sejarah klasik dan biografi tokoh-tokoh dunia sekelas Mahatma Gandhi atau Nelson Mandela.

“Memang saya lebih suka membaca buku tentang sejarah klasik, ada keunikan ketika membaca buku sejarah-sejarah klasik seperti Kerajaan Majapahit. Tapi juga tokoh-tokoh dunia, tidak harus dari luar dari dalam negeri pun saya menyukainya seperti Tan Malaka, Diponegoro dan lainnya,” kata Zainuddin saat berbincang-bicang dengan TeropongSenayan, Jumat (12/12).

DIantaa bacaannya itu dia memang sangat berkesan saat membaca biografi Mahatma Gandhi. Tokoh itu punya karakter hingga berkesan kuat dalam ingatannya. Tidak hanya sosoknya yang sederhana dan pantas menjadi teladan tetapi juga ajaran-ajarannya hingga kini menjadi panutan dunia.

"Pemikiran dan hidupnya seperti sudah menjadi milik dunia dan semua dilandasi kebenaran, keadilan, dan cinta kasih yang tulus," ujarnya.

Selain sosk Gandhi, Zainudin juga mengagumi Nelson Mandela. Apa yang dilakukan tokoh ini tidak bedanya dengan Gandhi. "Hidupnya seperti bukan untuk dirinya tetapi didedikasikan untuk bangsa dan rakyatnya," kata Zainudin.

Zainudin merasa iri dengan apa yang bisa dilakukan oleh tokoh dunia itu yang berbuat tanpa pamrih. Orang bisa memikirkan orang lain tanpa peduli dengan diri sendiri. "Rasanya sangat sulit menemukan orang-orang seperti itu. Tapi mudah-mudahan kita bisa meneladani kehidupannya. Setidaknya dimulai dari diri kita sendiri," ucapnya.(ss)

tag: #Otak   #Golkar   #Zainudin   #sejarah klasik  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement