Berita

Menangi Pilkada, Paslon Tunggal Harus Kalahkan Kotak Kosong

Oleh M.Anwar pada hari Senin, 24 Okt 2016 - 06:49:47 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

59pilkadaserentak.jpg

Ilustrasi Pilkada (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pasangan calon (paslon) tunggal pada Pilkada Serentak 2017 tetap memiliki lawan, yakni kotak kosong.Jika ingin memenangi pilkada, paslon tunggal harus mengalahkan kotak kosong tersebut.

Kotaka kosong merupakan saluran politik bagi pemilih yang tidak setuju atau tidak mendukung paslon tunggal. Saat pemilihan digelar, mereka bisa menjatuhkan dan memasukkan pilihan ke kotak kosong.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan daerah menggelar sosialiasi pilkada dengan paslon tunggal. Salah satu sosialisasi dilakukan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

"Kami berharap simulasi ini dapat dipahami dan jika ada kekurangan akan disempurnakan nantinya," ujar Ketua KPU Juri Ardiantoro, saat menghadiri simulasi nasional pemungutan dan penghitungan suara Pilkada dengan satu pasangan calon di lapangan Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Minggu (23/10/2016).

Ia menambahkan, dengan satu pasangan calon bukan berarti tidak ada kompetisi. Sebab, pasangan calon tunggal yang kalah dalam perolehan suara, maka tidak akan terpilih dan daerah tersebut akan mengikuti Pilkada serentak pada tahun 2018.

Sejauh ini, katanya, ada enam daerah yang memiliki satu pasangan calon, sedangkan untuk Pulau Jawa hanya Kabupaten Pati.

Kegiatan simulasi Pilkada dengan satu pasangan calon, katanya, tidak hanya di Kabupaten Pati, karena daerah lain seperti Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung juga melaksanakan, selanjutnya Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Anggota KPU Pati Ahmad Jukari menambahkan, simulasi tersebut dihadiri sekitar 200-an warga Desa Kuotharjo.

"Simulasi tersebut layaknya pencoblosan saat pesta demokrasi dengan disediakan satu tempat pemungutan suara (TPS) lengkap dengan surat suara dan kotak suara," ujarnya.

Untuk surat suara yang digunakan, kata dia, salah satu kolom bergambar pasangan Arjuna dan Srikandi, sedangkan kolom satunya tidak ada gambarnya atau kosong," ujarnya.

Ia berharap, semua warga yang tercatat sebagai pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS.

"Masyarakat memiliki pilihan, memilih pasangan calon yang ada atau memilih kotak kosong. Bahkan, ada peluang untuk berkampanye kotak kosong dengan harapan tidak ada yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golput," ujarnya. (plt/ant)

tag: #kampanye-kotak-kosong   #pilkada-serentak-2017  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement