Berita

Pemerintah Ogah Turunkan Harga Elpiji 3 Kg

Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 11 Des 2014 - 16:13:13 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

27tabung gas 3 kilo -eko.jpg

Elpiji 3 Kg (Sumber foto : Eko Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Meski harga minyak meluncur ke level lebih rendah dari US$ 70/barel, namun pemerintah masih belum berniat menurunkan harga elpiji 3 kg. Padahal harga gas dunia menurun hingga 50 persen selama enam bulan terakhir.

"Untuk harga elipiji 3 kg ada regulasi yang mengatur mekanismenya. Jadi akan ada usulan kepada Dirjen Migas, kemudian akan diajukan ke Menteri, baru lah diputuskan," kata Teguh Pamudji, Sekjen Kementerian ESDM, Kamis (11/12/2014).

Ditemui saat menghadiri seminar 'Dies Natalies Ke-56 UPN "Veteran" Yogyakarta, di Hotel Four Season, Jakarta Selatan, Teguh mengatakan langakh itu tak bisa dilakukan dengan ceoat. Sebab ada proses teknis yang dilakukan Ditjen Migas.

"Itu prosesnya panjang, lagi pula penurunan harga gas (dunia-red) saat ini bersifat sementara dan masih bisa berubah-rubah," ujar Teguh sambil tersenyum. Namun dia juga tidak bisa memastikan apakah harga elpiji 3 kg apakah harga akan tetap dipertahankan.

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan walaupun anggaran pemberian subsidi elpiji 3 kilogram turun, namun harga jualnya tidak akan mengalami penyesuaian. Jika biasanya subsidi sekitar Rp 40 Triliun/tahun turun menjadi sekitar Rp 15 Triliun. Biasanya jika alokasi subsidi turun berarti harga akan justru mengalami kenaikan.(ris)

tag: #Elpiji  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement