Zoom

Pertamina Optimistis Mampu Kelola Blok Mahakam

Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 09 Des 2014 - 11:44:52 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

95gd-pertamina.jpg

Kantor Pusat PT Pertamina (Sumber foto : arisekone/teropongsenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-PT Pertamina mengaku optimistis mampu mengelola blok Mahakam. Menurut Direktur Hulu Pertamina yang baru saja diangkat, Syamsu Alam, pihaknya tengah menyiapkan pengelolaan blok migas yang akan dilepas oleh Total EP itu.

"Ditanya Pertamina mampu atau tidak, saya kira agak melecehkan (pertanyaan seperti ini-red) orang Indonesia ini. Kita Pertamina pasti mampu. Kita punya prioritas untuk (mengelola-red) Blok Mahakam," tegas Syamsu Alam usai diangkat Menteri Rini, kemarin.

Menurut Syamsu, saat ini pihak Pertamina sedang mengumpulkan informasi mengenai Blok Mahakam. Terutama terkait legalitas pengelolaan Blok Mahakam dari tangan perusahaan minyak Prancis, Total E&P yang akan habis masa kontraknya 2017.

"Sudah seminggu langkah ini dilakukan. PT Pertamina sudah juga berinteraksi dengan kawan-kawan di Total. Jadi ada tim kita saat ini yang di Balikpapan," kata Syamsu. Mereka terus mengumpulkan data mengenai lapangan gas yang berada di Kalimantan Timur itu.

Syamsu mengungkapkan proses pengumpulan semua data informasi itu diharapkan rampung pada Februari atau Maret 2015. Setelah itu, PT Pertamina akan memberikan proposal kepada pemerintah perihal kesiapan mengelola Blok Mahakam.

Dia menambahkan jika semua proposal tersebut sudah terkumpul, dirinya meminta agar pemerintah mengambil langkah sigap untuk menanggapinya. "Makin cepat ada keputusan dari pemerintah mengenai status kontrak maka akan baik," pungkasnya.(ris)

tag: #Blok Mahakam  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement