Opini

Pernyataan Sikap Soal Blok Mahakam

Oleh Marwan Batubara, IRESS (Kord. Petisi Mahakam untuk Rakyat) pada hari Jumat, 19 Jun 2015 - 10:37:59 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

36Blok-Mahakam.jpg

Blok Mahakam (Sumber foto : Istimewa)

Pagi ini KESDM akan umumkan komposisi pemegang saham Blok Mahakam.

Apa dan bagaimana pun keputusan itu, maka itu adalah tanggung jawab Presiden Joko Widodo.

Sebagai presiden untuk 250 juta orang, tidak mungkin Jokowi lepas tangan atau mengatakan tidak tahu tentang masalah blok Mahakam, karena ini adalah masalah besar dan strategis nasional.

Blok Mahakam sangat penting bagi BUMN kita, Pertamina, guna meningkatkan ketahanan energi nasional, sehingga dukungan bagi Pertamina justru harus datang dan menjadi inisiatif Presiden Jokowi! Bukan sebaliknya.

Kita tidak butuh sikap pemimpin rakyat yang hanya mengutamakan citra dengan masuk gorong-gorong dan membajak sawah, tapi abai dan alpa atas kondisi migas nasional yang 80% dikuasai asing.

Sekaranglah saatnya bagi Jokowi untuk membuktikan bahwa visi dan progran Trisakti dan Nawa Cita bukan sekedar slogan kampanye dan omong kosong yang tak punya arti apa-apa.

Jika keputusan tentang blok Mahakam tidak memihak BUMN milik rakyat tetapi justru lebih memihak asing, maka IRESS sebagai koordinator Petisi Mahakam untuk Rakyat meminta kepada seluruh petitor petisi, serikat-serikat pekerja BUMN dan gerakan mahasiswa untuk segera menyatakan Sikap Penolakan kepada Presiden Jokowi.

Selanjutnya IRESS meminta agar seluruh petitor, mahasiswa dan rakyat Indonesia untuk melakukan gerakan advokasi secara sistemik dan berkelanjutan sampai tuntutan rakyat atas dominasi mutlak BUMN atas Blok Mahakam dipenuhi.(*)

 

TeropongRakyat adalah media warga. Setiap opini/berita di TeropongRakyat menjadi tanggung jawab Penulis.

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #blok mahakam   #jokowi   #presiden jokowi  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement