Opini

Minim Prestasi

Oleh Ariady Achmad pada hari Kamis, 22 Okt 2015 - 06:21:02 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

67130867e3c1197d7c304ef2e4d81ae6b841118d32.jpg

Kolom Obrolan Pagi bareng Ariady Achmad (Sumber foto : Ilustrasi/TeropongSenayan)

Menarik mengikuti Rapat Kerja antara Komisi X dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Untuk sementara, setidaknya, Komisi ini menolak anggaran yang diajukan mitra kerjanya. Alasannya minim prestasi.

Menarik dicermati karena, jika penolakan ini benar, membuat proses penganggaran berlangsung 'keras'. Pihak DPR yang memang memiliki fungsi budgeting menggunakan hak dan tugasnya secara optimal.

Bahwa, kinerja para Menteri memimpin Kementerian bisa juga diawasi maupun dinilai oleh DPR melalui mekanisme fungsi budgeting. Bisa jadi akan menjadi meringankan tugas Presiden mengawasi anak buahnya.

Hanya saja, proses di parlemen adalah peristiwa politik. Agar penilaian kinerja tidak terjebak dalam interest maupun kepentingan politik sebaiknya ukuran penilaian kinerja dilakukan secara proporsional dan obyektif.

Selain itu, sikap Komisi X ini sekaligus juga bisa menjadi bukti bahwa setiap persetujuan budgeting atau penolakan yang diberikan tidak asal dan harus dapat dipertanggungjawabkan.

Penolakan tidak menjadi alat gertak, agar bisa terjadi perhitungan (deal) dibelakang. Jika ini yang terjadi maka baik legislatif dan eksekutif berselingkuh mengkhianati rakyat!(*)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #sarapan pagi   #kolom   #ariady achmad  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement