Opini

Hati-Hati dengan SARA

Oleh Ariady Achmad pada hari Rabu, 14 Okt 2015 - 06:20:25 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

6130867e3c1197d7c304ef2e4d81ae6b841118d32.jpg

Kolom Obrolan Pagi bareng Ariady Achmad (Sumber foto : Ilustrasi/TeropongSenayan)

Peristiwa kerusuhan berlatar belakang suku, ras dan agama (SARA) terjadi di Singkil, Aceh. Kita amat prihatin dengan kerusuhan ini. Sekaligus mengingatkan agar pihak yang berwenang segera mengatasinya dengan baik.

Kerusuhan tersebut sepatutnya membuat kita semua waspada. Bahwa masih ada potensi sangat menganga yang mudah sekali memicu terkoyaknya keharmonisan masyarakat kita. Itulah bahayanya isu SARA.

Entah sebuah kejadian kesengajaan atau tidak, kali ini kerusuhan terjadi juga saat berlangsung hari besar keagamaan.   Jika sebelumnya terjadi di ujung timur wilayah Indonesia, kali ini menimpa wilayah ujung barat.

Meski tak mudah membuktikan ada tidaknya hubungan, namun peristiwa yang terjadi memperlihatkan pola yang mirip atau hampir sama. Padahal jarak antara dua peristiwa ini saling berjauhan. Biarlah pihak yang berwenang mengungkapkan. 

Kita hanya ingin mengingatkan bahwa ikatan kebangsaan masih perlu terus diperkuat. Berbagai peristiwa tersebut memberikan sinyal bahwa bangunan bangsa ini masih membutuhkan semen perekat. Para pemimpin pemerintahan, pemimpin politik dan pemimpin ormas harus bisa memberikan sumbangan terbesar bagi keutuhan bangsa.

Rasanya tak mengada-ada jika kita mengingatkan bahwa bangsa ini memiliki Pancasila. Inilah ideologi dan landasan yang telah terbukti menjadikan bangsa yang beraneka suku, ras dan agama ini bersatu menjadi Indonesia. 

Mari bangga dengan Pancasila.(*)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #sarapan pagi   #kolom   #ariady achmad  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement