Berita

Pendaftar Capim KPK Didominasi Kalangan PNS

Oleh Yunan Nasution pada hari Sabtu, 27 Jun 2015 - 06:58:21 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

83BettiAlisjahbana-panselkpk.jpg

Betti S Alisjahbana (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Juru Bicara panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) Betti S Alisjahbana mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya telah menerima 485 orang pendaftar. Kalangan pegawai negeri sipil (PNS) mendominasi pendaftar Capim KPK.

Tercatat sebanyak 78 pendaftar berprofesi sebagai PNS. Profesi dosen sebanyak 71 pendaftar, 69 pendaftar berprofesi sebagai advokat, 47 merupakan pegawai swasta, wiraswasta sebanyak 28 pendaftar, dan 19 pendaftar berlatar belakang Polri dengan enam di antaranya merupakan purnawirawan.

"Dari unsur TNI ada empat orang dengan dua di antaranya purnawirawan, yang berprofesi sebagai hakim ada tiga orang, dari unsur KPK sebanyak dua orang, dan wartawan empat orang," kata Betti kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Lebih jauh Betti mengatakan, terdapat 39 perempuan yang turut mendaftar. Namun, ia enggan mengungkap identitas perempuan yang telah mendaftar tersebut.

"Pendaftaran akan ditutup pada 3 Juli jam 12.00 WIB. Pengumuman nama-nama yang lolos seleksi administrasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 juli," kata Betti.

Setelah dinyatakan lolos seleksi, tambah dia, Pansel memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberi tanggapan terhadap para kandidat. Tanggapan masyarakat ini akan berlangsung sejak 4 Juli hingga 3 Agustus mendatang.

"Agar dapat ditindaklanjuti, tanggapan yang positif, netral atau negatif dari masyarakat ini hendaknya disertai dengan informasi dan data pendukung," pinta Betti.(yn)

tag: #capim kpk   #pansel kpk   #kpk  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement