Berita

Tiga Anggota Polri dan Lima Jaksa Siap Ramaikan Capim KPK

Oleh Yunan Nasution pada hari Rabu, 17 Jun 2015 - 07:15:17 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

7GedungKPK_tscom.jpg

Gedung KPK (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Panitia Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) telah menerima 114 orang pendaftar hingga Selasa (16/6/2015). Dari jumlah itu, baru ada lima orang perempuan yang mengajukan diri sebagai calon pimpinan KPK.

Selain itu, lembaga penegak hukum lain seperti Polri dan Kejaksaan Agung (Kejakgung) sama-sama mendorong kader terbaiknya agar mendaftar menjadi calom pimpinan lembaga antirasuah.

Setidaknya, ada tiga orang yang berlatar belakang Polri ingin menjadi pimpinan KPK. Mereka ialah Kapolda Papua Inspektur Jenderal Yotje Mende, Deputi Bidang Koordinasi dan Keamanan Nasional di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Irjen Syahrul Mamma, dan mantan Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen (Purn) Benny Mamoto.

Sementara Kejakgung memastikan mengajukan lima nama dari institusi adhyaksa untuk maju dalam seleksi calon pimpinan KPK.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung Tony Spontana mengatakan, lima jaksa itu nantinya akan diuji terlebih dahulu oleh Jaksa Agung dan juga Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan (Jambin) sehingga diharapkan dapat lolos segala persyaratan, baik itu administratif maupun kompetensi yang dimiliki mereka. Mereka pun diminta menghadap ke Jaksa Agung, hari ini, Rabu (17/6/2015).(yn)

tag: #capim kpk   #kpk   #polri   #kejakgung  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement