Ragam

Nama Jalan, Perangko Hingga Masjid Soekarno

Oleh Yunan Nasution pada hari Selasa, 09 Jun 2015 - 14:00:47 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

43Soekarno.jpg

Soekarno (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Siapa yang tak kenal Soekarno, Proklamator bangsa Indonesia yang selalu dikenang, tak hanya oleh rakyat Indonesia tetapi juga dunia pun mengakui ketokohan Soekarno.

Tahu kah bahwa nama Soekarno yang lahir tanggal 6 Juni 114 tahun lalu itu diabadikan oleh lima negara. Di antaranya Rusia, Mesir, Maroko, Pakistan dan Kuba. Berikut nama Soekarno yang diabadikan di lima negara tersebut.

Rue Soekarno di Maroko


Jalan Soekarno atau dalam bahasa setempat dituliskan Rue Soekarno diabadikan menjadi nama jalan di Kota Rabat, Ibukota Maroko. Letaknya di samping kantor pos terbesar di Maroko yang berada di pusat kota Rabat, Maroko. Kantor posnya sendiri berada di pusat kota, tidak jauh dari stasiun kereta Casa Voyager, tempat pemberhentian kereta api dari berbagai kota besar di Maroko seperti Casablanca, Marakesh, dan Tangier.

Ahmed Sokarno St di Mesir


Nama Besar Ir Soekarno juga menjadi nama jalan di Mesir. Letaknya bersebelahan dengan Jalan Sudan, Daerah Kit-Kat Agouza Geiza. Soekarno memang cukup dekat dengan Presiden Mesir kala itu Gamal Abdul Naseer. Puncaknya ketika Konferensi Asia Afrika, keduanya semakin dekat.

Soekarno Square Khyber Bazar di Pakistan


NameHubungan Indonesia Pakistan sangat dekat semasa Presiden Soekarno. Salah satunya pengiriman tentara untuk mengamankan Pakistan, saat terjadi peperangan dengan India. Lantas Pakistan mengabadikan nama Soekarno di dua tempat penting di Pakistan yakni Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar, di Lahore.

Masjid Soekarno di St Petersburgh, Rusia


NameSaat berkunjung ke Rusia, Soekarno mengunjungi St. Petersburgh melihat masjid biru telah berubah fungsi menjadi gudang senjata. Prihatin, Soekarno pun lantas membicarakan masalah ini ditengah pembicaraan bilateral dengan Rusia. . Berkat pembicaraan Soekarno dengan Presiden Nikita Kruschev, gudang senjata di St Petersburgh kembali ke fungsi awalnya yakni masjid.

Perangko di Kuba


NameDalam rangka mengenang hubungan diplomatik Indonesia-Kuba, sekaligus perayaan HUT ke-80 Fidel Castro, Pemerintah Kuba menerbitkan perangko Seri Bung Karno dan Fidel Castro, dan pemimpin Gerilya Kuba, Che Guevara.(yn)

Disarikan dari berbagai sumber

tag: #soekarno   #proklamator indonesia  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement