Berita

Johnny Plate: Chris Tokoh Perjuangan Rakyat Kecil dan Sederhana

Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 05 Mei 2015 - 13:11:37 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

21tscom-syarifabdullah-indra-4515.jpg

Politisi Partai Nasdem Johnny Plate (Sumber foto : Indra Kusuma/teropongsenayan.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Di mata Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Johnny G Plate, almarhum Chris Siner Key Timu sebagai tokoh yang konsisten untuk memperjuangkan rakyat kecil.

"Dia itu tokoh yang konsisten, yang berpihak pada rakyat kecil. Bahkan dia melawan pemerintahan Orde Baru untuk memperjuangkan rakyat kecil," kata Johnny pada TeropongSenayan, Selasa (5/5/2015).

Bahkan, kata Johnny dengan melawan pemerintahan Soeharto itu dan ikut dalam gerakan Petisi 50 tersebut, Chris rela melepaskan jabatannya sebagai Pembantu Rektor di Universitas Atmajaya. Dia pun menghadapi sejumlah konsekwensi politik yang mengucilkannya karena dianggap melawan Orde Baru.

"Dia rela meninggalkan jabatannya sebagai rektor di Universitas Atmajaya hanya untuk menjunjung tinggi rakyat dan Pancasila," katanya.

Tidak hanya itu, Anggota Komisi XI ini mengungkapkan Chris yang disegani karena kritis dan konsisten dalam sikap politiknya ini juga dikenal sederhana dalam hidupnya. Dia selalu menegaskan kepada generasi muda bahwa hukum tertinggi dalam politik adalah kepentingan umum.

"Tokoh yang sangat sederhana tidak mengejar kekayaan berbeda dengan para tokoh-tokoh yang satu perjuangan dengan dia. Dia juga bersahabat di semua lintas, mulai dari lintas Agama dan Suku. Dia juga sangat menghormati pluralisme," ungkapnya.

Yang membuat Johnny kagum dengan sosok Chris adalah dia tidak segan untuk berbagi ilmu pada tokoh-tokoh muda.

"Dia seorang tokoh pergerakan 66 dan tidak pelit berbagi ilmu untuk mengajarkan tokoh-tokoh muda," katanya.

Johnny plate berpesan kepada anak-anak muda agar mencontoh perjuangan dan kesederhanaan almarhum Chris Key Timu.

"Perjuangan yang konsisten untuk Indonesia sesuai Bineka Tunggal Ika. Para tokoh muda harus berjuang untuk Indonesia. Jangan sampai negara yang kaya ini tidak mendapatkan apa-apa karena dijajah bangsa asing," pungkasnya. (al)

tag: #Chris Key Timu meninggal dunia  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement