Berita

Jadi Sarang Mafia Migas, Pertamina Bubarkan Petral

Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 22 Apr 2015 - 14:50:45 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

34DSC_0480.JPG

Direktur Utama Pt Pertamina Dwi Soetjipto (Sumber foto : Indra Kesuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral), anak perusahaan PT Pertamina yang selama ini menyuplai bahan baku BBM ke BUMN tersebut akan segera dibubarkan. Pertamina akan impor BBM langsung dari produsen, tanpa perantara Petral lagi.

"Kita akan evaluasi dari aspek kemanfaatan dari Petral. Sebelumnya Petral kan di pakai sebagai penyuplai BBM ke Pertamina. Tapi sekarang ini Pertamina ingin langsung mengambil alih. Tidak lagi di suplai dari Petral," kata kata Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (22/4/2015).

Meskipun demikian Dwi mengakui akan kembali membuat anak perusahaan sebagai pengganti Petral. Langkah-langkah ke arah sana sudah mulai dikerjakan.

"Pertamina akan mengambil aset-aset Petral yang ada. Kita sedang mempersiapkan langkah-langkah ke depannya. Nanti kita akan bangun anak perusaan Pertamina untuk mengantikan Petral," katanya.

Dwi mengaku ingin mengembangkan Pertamina agar menjadi perusahaan yang terdepan di bidang perminyakan. Sehingga Pertamina tidak lagi dianaktirikan dengan perusahaan minyak lainya.

Seperti diketahui selama ini Petral dikenal sebagai satu-satunya pihak yang ditunjuk untuk pembelian dan penjualan minyak mentah untuk Pertamina. Namun dalam beberapa waktu ke belakang, mereka hanya menjadi administrator tender. Di Platts Window Market (Bursa Minyak Singapura), Petral tak pernah bertransaksi karena tak memiliki barang. Mereka sepenuhnya menjadi price taker. (al)

tag: #Petral dibubarkan  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement