Berita

F-PDIP: Ketua Komisioner KPPU Harus Berpengalaman

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 26 Apr 2018 - 00:25:16 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

50kppu.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Fraksi PDIP Darmadi Durianto mendorong agar proses pemilihan Ketua Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dipercepat.
 
Hal ini disampaikan Darmadi saat menanggapi terpilihnya sembilan Komisioner KPPU baru hasil fit and proper test DPR beberapa waktu lalu.
 
"KPPU diperlukan ketua yang matang emosinya dan mutlak berpengalaman," ujar Bendahara Megawati Institute itu saat dihubungi di Jakarta, Rabu (25/04/2018).
 
Apalagi, kata Darmadi, memasuki tahun politik, posisi Ketua KPPU cukup rentan. 
 
Menurutnya, figur yang belum matang dan belum berpengalaman baik urusan internal KPPU maupun external akan memicu kegaduhan di publik.
 
"Salah ngomong sedikit saja bisa membuat situasi tidak kondusif bagi pelaku usaha. Makanya, yang jadi ketua harus extra hati-hati, statement-statement Ketua KPPU mesti terkontrol, terukur dan tidak bernada spekulatif," ucap Darmadi.
 
Karenanya, Anggota Komisi VI DPR RI ini menyarankan, agar calon Ketua KPPU yang baru memiliki pengalaman yang luas.
 
Selain itu, kata dia, tentu dibutuhkan yang berpengalaman.
 
"Saat ini komisioner incumbent yang terpilih dan berpengalaman hanya tinggal satu. Satu-satunya komisioner yang mengikuti proses-proses pengambilan keputusan melalui mekanisme Rakor/Rakom ya komisioner lama (incumbent). Dalam hal ini tidak ada pilihan karena hanya satu yang tertinggal dari komisioner lama," katanya.
 
Selain itu, lanjut dia, hal lain yang tak kalah penting adalah kriteria calon Ketua KPPU harus mengetahui semua materi yang dikerjakan KPPU sebelumnya, pada periode 2012-2017.
 
"Jadi kalau komisioner baru langsung menjadi ketua tanpa melalui pemagangan 2,5 tahun itu sangat riskan, KPPU tidak mempunyai jubir selama 5 tahun ini. Boleh dikatakan ketua KPPU itulah merangkap jubir," pungkasnya.
 
Untuk diketahui, dari 9 nama Komisioner KPPU yang terpilih hanya satu nama Komisioner KPPU lama yang ikut terpilih sebagai Komisioner KPPU yang baru yaitu Chandra Setiawan.
 
Rencananya, berdasarkan dokumen yang didapat TeropongSenayan, 9 Komisioner KPPU yang baru terpilih pasca fit and proper test di DPR akan dibawa dalam forum rapat paripurna DPR Kamis (26/4/2018) besok untuk disahkan dan disetujui DPR. (Alf)
tag: #komisi-vi-dpr   #kppu   #pdip  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement