Berita

Kenang Persahabatan Bung Karno-Kim Il Sung

Rachmawati Nangis di Depan Dubes Korea Utara

Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Jumat, 10 Apr 2015 - 16:58:13 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

2Rachmawati Soekarnoputri.jpg

Putri Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri (Sumber foto : ter)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Putri Bung Karno yang juga penulis buku "Presiden Soekarno dan Kim Il Sung" Rachmawati Soekarnoputri menangis saat mengenang persahabatan ayahnya dengan Presiden Korea Utara (Korut) Kim Il Sung.

"Mereka dua pemimpin besar dua negara yang tidak hanya bersahabat, akan tetapi berjuang bersama melawan kolonialisme dan Imperialisme barat," ungkap Rachmawati sambil mengusap airmatanya saat launching buku ‎terbitan kedua "Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung" di kampus Universitas Bung Karno di Cikini, Jakarta, Jumat (10/4/2015) sore.‎

Dalam acara tersebut, Hadir Duta Besar negara Demokratik Korea Utara, Kim Jong Ryul.

Di hadapan Kim Jong Ryul, adik Megawati Soekarnoputri itu tak kuat menahan linangan air mata keharuannya. Ia menangis tersedu-sedu mengenang sejarah romantik hubungan baik dua pemimpin besar dunia tersebut.

"Saya adalah saksi hidup bagaimana keduanya saling mengunjungi,"‎ ungkapnya.

Rachma menambahkan persahabatan Bapaknya dengan kakek dari pemimpin negara Demokrati Korut saat ini, Kim Jong Un yang ditandai dengan peran ‎keduanya dalam merealisasikan Konferensi Asia Afrika (KAA) dan mengkonsolidasikan konferensi Non-Blok.

"KAA dan Non Blok itu hanya cikal bakal dari perjuangan keduanya untuk membangun to The World Enforcement dalam merubah tatanan dunia yang berperikemanusiaan. Dalam buku inilah sejarah itu saya ungkapkan," tuturnya. (al)

tag: #persahabatan Bung Karno dab Kim Il Sung  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement