Berita

Bagi-bagi Proyek

Formappi : DPRD 'Kongkalikong' Dengan Kepala Daerah

Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 21 Mar 2015 - 19:25:13 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

38Sebastian 1.jpg

Sekjen Formappi Sebastian Salang (Sumber foto : syamsul bachiar)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Temuan  sejumlah kasus penyelewengan anggaran di  APBD  DKI Jakarta merupakan cermin carut marutnya pengelolaan anggaran daerah.  Bahkan sekaligus refleksi buruknya kepemimpinan kepala daerah. "Hanya saja dari satu periode ke periode lainnya modusnya berubah dan kecenderungan ‘persekongkolannya’ makin canggih,” kata Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang kepada TeropongSenayan di Jakarta, Sabtu (21/03/2015).

Menurut Salang, temuan penyelewengan anggaran  menunjukkan memang ada permainan pengelolaan anggaran daerah antara kepala daerah dengan DPRD. Lebih jauh kata Sebastian, ketika kepala daerah dan DPRD mengalami kebuntuan dalam menentukan alokasi anggaran, maka seringkali terjadi bagi-bagi jatah alokasi anggaran. "Sebab kepala daerah ‘juga ingin posisi politiknya aman. Sehingga kepala daerah juga tidak akan melawan DPRD," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Sebastian mengungkapnya modus yag dilakukan  bisa juga dengan memasukkan pengusaha dalam proses penyusunan rencana anggaran. "Pihak kontraktor tersebut bisa masuk melalui pintu kepala daerah maupun DPRD. Dampak dari ‘kongkalikong’ ini bisa terlihat dari realisasi pembangunan di daerah," imbuhnya. (ec)



tag: #Kisruh APBD DKI Jakarta  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement