TSMuda

Ikopin Jadikan Pekan Kewirausahaan Nasional Agenda Tahunan

Oleh Bani Saksono pada hari Sabtu, 11 Nov 2017 - 05:49:10 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

9IKOPIN-PIBI-INDRAFAHMI.jpg

Kepala Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Ikopin Indra Fahmi sedang memberikan sambutan dalam PKN di ampus Jatiinangor, Bandung. (Sumber foto : ikopin)

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) – Turut aktif dalam program pengembangan kewirausahaan nasional, Institut Koperai Indonesia (Ikopin) aka menjadikan Pekan Kewirausahaan Nasional (PKN) sebagai agenda tahunan. PKN tersebut digagas oleh Pusat Inkubator Bisnis & Kewirausahaan Ikopin (PIBI).

 

Sebelumnya, untuk pertama kali PIBI menggelar PKN pada awal pekan ini (7/10/2017) di kampus Ikopin, Jatinangor, Bandung. Acara itu tercatat pertama kali dilaksanakan di Indonesia. 

"Tujuan kegiatan ini,  memberikan stimulus pada para mahasiswa untuk dapat memahami makna sebagai wirausaha dan kewirausahaan agar kelak mampu melakukan aktivitas bisnis," tutur Kepala PIBI Indra Fahmi, dalam keterangannya di Bandung, Jum'at (10/11/2017).

 

Indra menjelaskan, ada tiga rangkaian kegiatan dalam PKN. Yaitu,  kompetisi model bisnis (canvas), lomba resensi buku "d' Gil Marketing think like there is no Box" karangan Ahmad  Bambang, dan Seminar Kewirausahaan Nasional.

 

Untuk lomba resensi buku dan lomba model bisnis canvas, disediakan hadiah senilai total  Rp 75 juta serta trophy Menkop dan UKM, Rektor Ikopin,dan Direktur PIBI Ikopin. ‘’Minat mahasiswa mengikuti lomba ini cukup besar, terbukti dengan jumlah pendaftar lomba resensi buku sebanyak 109 mahasiswa dari 36 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/PTS) di seluruh Indonesia,’’ kata Indra.

 

Sedangkan untuk lomba Model Bisnis Canvas dan wajib ditayangkan di youtube (PIBI Ikopin) diikuti oleh 115 peserta mewakili 40 Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia. Para peserta yang mengikuti kegiatan PKN, selanjutnya diseleksi oleh Tim Juri yang kompeten dan independen.

 

Berdasarkan rapat dewan juri, terpilih finalis untuk Lomba Model Bisnis adalah Universitas Udayana (Denpasar, Bali); Universitas Telkom, Bandung; Universtas Gadjah Mada (UGM, Yogyakarta); Institut Teknologi Bandung (ITB, Bandung); dan Universitas Airlangga (Unair, Surabaya). 

 

Sementara itu, untuk Lomba Resensi Buku finalis berasal dari ITB, Univ. Brawijaya,  UPI Tasik, Univ. Padjadjaran, dan Ikopin.

 

Puncak acara PKN akan dilaksanakan bersamaan dengan Seminar Nasional Kewirausahaan Nasional  dengan narasumber  Ahmad Bambang (Deputi Kementeriaan BUMN) dan Burhanuddin Abdullah (Rektor Ikopin).  (b)

 

tag: #kementerian-koperasi-dan-ukm  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement