Berita

Siapa Bilang Dana Partai Bisa Hilangkan Perilaku Korupsi

Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 11 Mar 2015 - 22:06:09 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

72Rio Capella.JPG

Patrice Rio Capella, anggota Fraksi Nasdem DPR (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Siapa bilang dana partai sebesar Rp 1 triliun itu bisa memberantas perilaku korup di partai. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Patrice Rio Capella meyakini, pemberian dana partai sebesar Rp 1 triliun dari pemerintah itu tak akan mengurangi perilaku korup.

Sebab, para koruptor itu tidak hanya berasal dar ipartai, tapi juga para penegak hukum yang bukan dari parpol. "Saya kira uang Rp1 triliun untuk parpol, tidak akan menghilangkan perilaku korupsi dan tidak serta mengeluarkan perilaku korup," kata Patrice Rio Capella, sekjen Partai Nasdem di sekretariat DPP Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2015).

Lebih jauh Rio mengatakan, kalau Rp1 triliun hanya untuk menjawab parpol keluar dari korup, tentu tidak sesimpel itu. "Korupsi banyak faktornya, salah satunya penegak hukum, dia tidak dari parpol, tapi korupsi. Ini sistem yang salah. Kalau memang Rp 1 triliun untuk menghilangkan korupsi, kita kasih aja Rp 5 triliun," katanya.

Karenanya, Rio setuju dana itu dikucurkan jika tingkat utang luar negeri turun, kesejahteraan meningkat, pengangguran berkurang. Kalau tiba-tiba bantu Rp1 triliun, kata Rio, orang-orang pasti berlomba-lomba akan membuat partai untuk pemilu, padahal kemampuan tidak begitu siap untuk mendirikan partai.

"Rp 1 triliun harus punya batasan-batasan, jumlah partai yang mendapatkan dana itu harus jelas. Tidak banyak parpol yang stabil setelah pasca pemilu," pungkasnya. (b)

tag: #dana partai  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement