Berita

Krisis Qatar, Pengamat: Saatnya Indonesia Unjuk Gigi

Oleh Alfian Rifsil Auton pada hari Sabtu, 10 Jun 2017 - 16:58:21 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

44qatarlagi.jpg

Bendera Qatar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat politik Islam, Ali Munhanif‎ mengatakan, saatnya negara-negara lain unjuk gigi membantu Qatar dalam bidang pangan. Termasuk Indonesia juga harus memberikan bantuannya kepada Qatar.

Qatar diduga mengalami kesulitan makanan akibat mendapat isolasi dari negera-negara teluk pimpinan Arab Saudi. Mereka juga sudah memutuskan hubungan diplomatik.

"Ini saatnya menawarkan bantuan-bantuan negara lain termasuk Indonesia, misalnya memberikan bantuan pangan lewat hasil laut," ujar Ali dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (10/6/2017).

Adanya konflik Qatar dengan negara-negara lain sebenarnya membuka peluang Indonesia dan lainnya menawarkan bantuan. Apalagi banyak produk olahan yang dimiliki Indonesia. Sehingga tidak ada salahnya memberikan bantuan makanan ke Qatar.

"Krisis ini sebanarnya membuka peluang negara penghasil produk olahan, karena produk itu sangat dibutuhkan oleh mereka," pungkasnya.

Pemutusan hubungan diplomatik terhadap Qatar ini bermula dari unggahan kantor berita Qatar yang memuat komentar Al-Thani. Emir Qatar kala itu mengkritik kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap Iran. Dia juga menyanjung negara Syiah tersebut sebagai kekuatan Islam.

Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan Uni Emirat Arab yang merasa Iran merupakan musuh bebuyutan langsung menduga, Qatar mendukung terhadap kelompok militan yang ada di Iran.‎ (icl)

tag: #qatar  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement