Berita

Inilah Sebelas Alasan Komjen BG Ajukan Praperadilan

Oleh Bara Ilayasa pada hari Senin, 09 Peb 2015 - 22:48:36 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

27Komjen BG.jpg

Komjen Budi Gunawan (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ada sebelasan alasan bagi Komjen BG mengajukan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka oleh KPK. Alasan itu diungkapkan Frederich Yunadi, salah satu kuasa hukum Komjen BG.

Yunadi membacakannya didepan Hakim Tunggal, Sarpin Rizaldi saat sidang pengajuan praperadilan di PN Jakarta Selatan, Senin (9/2/2015). Sidang dihadiri tim hukum KPK itu dilanjutkan Selasa (10/2/2015) untuk pembuktian.

Berikut sebelas alasan itu.

1. Bahwa pemohon adalah anggota Kepolisian Republik Indonesia. Mengawali karirnya di institusi Polri sejak lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1983, hingga sampai tahun 2015 ini. Pemohon telah menjadi perwira tinggi Polri dengan pangkat Komisaris Jenderal Polri, serta menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian RI.

2. Bahwa sebagai anggota Polri, Budi Gunawan selalu siap diberikan tugas, jabatan maupun tanggung jawab apapun sesuai ketentuan Undang-undang 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI.

3. Bahwa sebagaimana diberitakan secara luas di media massa, Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Presiden RI Nomor: R-01/Pres/01/2015 tertanggal 9 Januari 2015 perihal pemberhentian dan pengangkatan Kapolri yang ditujukan kepada Ketua DPR. Isi Surat Presiden itu pada pokoknya meminta persetujuan kepada DPR untuk mengangkat Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Sutarman.

4. Budi Gunawan telah memenuhi panggilan DPR untuk mengikuti fit and propertes sehingga lembaga legislatif tersebut telah menyetujui Budi Gunawan menjadi Kapolri. Namun, pada tanggal 13 Januari 2015 KPK menetapkan tersangka kepada Budi Gunawan tanpa memberikan keterangan atau pemberitahuan. Selain itu, tidak menerangkan pasal-pasal yang disangkakan ke Budi Gunawan.

5. Tanggal 13 Januari 2015, KPK mengumumkan pada khalayak dalam jumpa pers bahwa pihaknya menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud Pasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 ayat (2), Pasal 11 atau 12 B UU Tipikor.

6. Kepada media, KPK menyampaikan bahwa penyelidikan perkara sudah dilakukan sejak bulan Juli 2014, namun baru diumumkan kini. KPK meyakini Budi Gunawan telah melakukan pidana pada periode 2004-2006 saat Budi Gunawan menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier SDM Mabes Polri. Bahkan KPK pernah mengatakan bahwa penah melakukan gelar perkara kasus tersebut di 2013.

7. Pemohon (Budi Gunawan-red) sama sekali tidak tahu-menahu peristiwa yang disangkakan kepada pemohon. Peristiwa tertentu yang mana? Seperti apa kejadiannya? Dimana dan kapan? Jika terkait dengan rekening pemohon, rekening yang mana? Tanggal berapa? Pada transaksi spesifik yang mana dalam rekening pemohon dan jumlahnya berapa? Siapa yang memberikan hadiah atau menyuap pemohon?

8. Bahwa Budi Gunawan tidak pernah sama sekali diundang maupun dipanggil oleh KPK untuk diperiksa terkait perkara yang dituduhkan.

9. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, KPK lalu melakukan pencegahan, serta pencegahan dari anak Budi Gunawan.

10. Bahwa pemohon telah ditetapkan sebagai tersangka tanpa terlebih dahulu dilakukan penyidikan sebagaimana Pasal 1 (2) KUHAP. Pada kenyataanya terhadap pemohon telah ditetapkan terlebih dulu sebagai tersangka baru kemudian termohon mencari bukti-bukti.

11. Bahwa penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka tidak dilakukan oleh lima komisioner KPK. Sehingga penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka cacat yuridis.(ris)

tag: #Komjen Budi Gunawan   #Samad   #Kapolri   #Jokowi   #Praperadilan  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement