Opini

Bahlil Lahadalia: Jadi Pengusaha Jangan Takut Gagal

Oleh Bani Saksono pada hari Kamis, 29 Jan 2015 - 19:33:57 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

63Bahlil-2-ban.jpg

Bahlil Lahadalia, calon ketua umum Hipmi 2015-2018 (Sumber foto : Bani Saksono/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sebagai pengusaha yang berasal dari aliran nasib, yaitu yang ditekuni dari nol, Bahlil Lahadalia mengajak kalangan generasi muda, terutama mahasiswa agar tak takut gagal saat hendak mencoba menjadi pengusaha. Sebab, kata dia, gagal bukanlah akhir dari segalanya, tapi justru menjadi pemicu untuk meraih peluang lagi.

"Saya yang berangkat dari nol, sudah merasakan pahitnya gagal, tapi itu justru menjadi cambuk dan introspeksi bagaimana caranya agar tidak gagal," tutur Bahlil, calon ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (caketum HIpmi) periode 2015-2018. Dan dengan bergabung di Hipmi, tingkat kegagalan menjadi minimal.

Buktinya, saat ditanya tingkat keberhasilan anggota Hipmi meniti karier bisnisnya, Bahlil tegas menjawab sangat besar. "Lebih banyak yang berhasil dari yang gagal," tutur pengusaha yang berkantor di Gedung Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ini.

Mengapa? Menurut putra pasangan Lahadalia dan Nurjani ini, karena Hipmi mengembangkan pola jaringan. Dengan demikian, antar-anggota dapat saling bersinergi bantu-membantu usahanya. "Itu sebabnya, rata-rata lebih banyak yang sukses dari pada yang tak sukses," ujar Bahlil saat menerima TeropongSenayan di kantornya, belum lama ini.

Dia pun buka kartu, mereka yang gagal dan terus gagal, karena tak mau kerja keras, alias malas. Malas itu, tutur bos Grup Rifa Capital, memang pangkal kegagalan dan tidak sukses. Itu sebabnya, pengurus Hipmi dari tingkat pusat hingga daerah, bertekad menggalang kaum muda khususnya mahasiswa agar mau menjadi pengusaha, bukan menjadi pegawai negeri atau karyawan perusahaan orang.

"Saatnya dari muda kita harus berjiwa bos," ujar mantan ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Provinsi Papua ini.(b)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #jadi pengusaha jagal  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement