Bisnis

Dwi Berambisi Bawa Pertamina Kuasai Ladang Minyak

Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 20 Jan 2015 - 20:29:44 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

27gd-pertamina.jpg

Kantor Pusat Pertamina (Sumber foto : Aris Eko/TeropongSenayan)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Dwi Soetjipto, berambisi membawa Pertamina menguasai ladang minyak dan gas di tanah air. Direktur Utama Pertamina ini bertekad mengambil alih ladang migas atau blok migas yang akan berakhir dikuasai asing. 
 
  
"Tahun ini kita akan menguasai ladang minyak untuk meningkatkan produksi dalam negeri," kata Dwi Soetjipto saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Selasa (20/1/2015) di gedung DPR, Senayan, Jakarta. Dwi baru sekitar satu bulan menjadi orang nomor satu di Pertamina.
 
 
Menurut Dwi mengungkapkan saat ini banyak kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang habis masa kontraknya mengelola ladang atau blok migas di tanah air. Ladang-ladang migas inilah yang ingin dikuasai Pertamina.
 
 
Meski kontraknya berakhir, ladang atau blok migas ini masih memiliki kandungan minyak atau gas yang masih ekonomis diproduksi. Pertamina memang diberi prioritas oleh pemerintah untuk mengelola blok migas yang habis masa kontraknya.
 
 
Salah satu yang menjadi incaran Pertamina adalah blok Mahakam di Kalimantan Timur. Namun langkah Pertamina tidak berjalan mulus pasalnya Total EP yang memegang kontrak juga berambisi memperpanjang pengelolaannya.
 
 
Selain itu dalam beberapa tahun mendatang ada sejumlah blok migas yang akan berakhir seperti Koridor Sumatera Selatan yang memiliki cadangan gas dalam jumlah besar. Beberapa lainya saat ini juga sedang menjadi pertimbangan pemerintah melakukan renegosiasi atau perundingan ulang.
 
 
Produksi minyak Pertamina saat ini sebesar sekitar 40 persen dari produksi minyak nasional yang mencapai 820 ribu barel per hari. Bisa jadi Dwi ingin mendongkrak produksi minyak pertamina guna meningkatkan perannya dalam produksi minyak nasional.
 
 
Selain itu Dwi juga ingin membawa Pertamina memiliki kilang BBM lebih besar lagi. Tiga pemain asing telah digandeng guna melipatgandakan kapasitas kilang BBM yang dimiliki saat ini. Memperkuat infrastruktur migas dan memperkuat arus kas menjadi prioritas Dwi memimpin Pertamina.
 
 
"Pertamina terus melakukan upaya strategis dan terintegrasi di semua aspek dan sektor bisnis. Pertamina berupaya menerapkan prinsip manajemen mutu dengan kriteria world class," kata Dwi seperti sesumbar hendak menjadikan Pertamina sebagai perusahaan kelas dunia.(ris)
tag: #Pertamina   #Dwi Soetjipto  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement