Berita

Kapolri Baru Bisa Dilantik Jumat, Bila Komisi III Loloskan Budi Gunawan

Oleh Untung ss pada hari Rabu, 14 Jan 2015 - 07:44:50 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

78budi gunawan3.jpg

Komjen Pol Budi Gunawan (Sumber foto : Indra Kusuma)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Komisi III DPR akan melakukan fit and proper test terhadap calon Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan pagi ini, Rabu (14/1), jika tidak ada perubahan jadwal lagi. Padahal status Komjen Pol Budi Gunawan saat ini telah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus gratifikasi.

"Seandainya Komisi III, menerima pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri, lalu hasilnya Kamis dikirim ke Presiden Joko Widodo, bisa jadi Jumat Kapolri  pengganti Jenderal Sutarman akan dilantik," kata anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat, kepada TeropongSenayan, Rabu (14/1).

Menurutnya, itu bisa saja terjadi karena Presiden Joko Widodo ini, banyak yang menyebut dikenal nekat sehingga dia bisa beralasan sudah lolos di DPR sehingga layak menjadi Kapolri meskipun statusnya sebagai tersangka.  Melihat situasi awal di Komisi III, peluang lolos besar karena hanya PPP dan Demokrat saja yang menolak proses fit and proper test dilanjutkan.

"Tapi apa kata dunia kalau sampai hal itu benar-benar dilakukan, penegak hukum berstatus sebagai tersangka dilantik presiden sebagai Kapolri," ucapnya.

Sebaliknya jika Komisi III DPR menolak, presiden bisa mengajukan calon baru dari jenderal-jenderal yang ada di Polri. Meski demikian Martin menyarankan, kalau memang bisa sebaiknya cooling down dulu. Apalagi masa pensiun Kapolri Jenderal Pol Sutarman masih Oktober 2015 (10 bulan lagi) sehingga tidak harus buru-buru.

Anggota DPR dari Partai Gerindra itu juga menyarankan agar Presiden Joko Widodo menjaga perasaan pejabat sebelumnya. Dia mendengar, rencana pergantian Kapolri itu belum pernah dibicarakan dengan Jenderal Pol Sutarman. Mestinya Presiden mengajak bicara setidaknya memberitahu yang bersangkutan, jangan mentang-mentang sudah tidak dipakai lalu semena-mena.(ss)

tag: #lolos   #lantik   #kapolri  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement