Berita

Selesaikan Kisruh Golkar, Audit Sistem Munas Dua Kubu

Oleh Untung SS pada hari Rabu, 17 Des 2014 - 15:36:46 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

12Golkar-bendera.jpg

Bendera Partai Golkar (Sumber foto : Dok TeropongSenayan)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Perlu dilakukan audit terhadap sistem dan prosedur pelaksanaan munas kedua kubu yang berseteru di Partai Golkar. Kalau hal itu dilakukan, akan dengan mudah diputuskan mana yang benar dan mana yang ngawur.

"Dari hasil audit itu nanti akan diketahui prosedur politik yang dibangun masing-masing penyelenggaraan munas. Nanti bisa dilihat ketaatan pada AD/ART dan tahapannya," kata politisi Partai Golkar Ariady Achmad kepada TeropongSenayan, Rabu (17/12/2014).

Meski nantinya akan diketahui siapa yang benar dan salah pada dasarnya bukan itu hasil akhir yang dicari dari audit tersebut. Karena saat dilakukan penyusunan pengurus pun hendaknya yang dikedepankan adalah suasana rekonsiliasi. Karena itu jangan sampai terkesan menang-menangan sehingga tetap harus mengakomodir potensi kader yang ada.

"Ini kan nuansanya islah, nuansa rekonsiliasi, jadi jangan sampai yang menang menghabisi yang kalah. Demikian juga yang kalah tidak tahu diri dan juga tidak puas diri," kata Ariady menambahkan.

Semua pihak, lanjut dia, harus berpikir ke depan. Apalagi tokoh-tokoh yang berseteru adalah figur berpengaruh bukan anak-anak yang hanya mengedepankan emosi semata. "Saya yakin para pembesar partai itu akan dengan mudah menyelesaikan masalah bila mengedepankan akal sehat, kecerdasan dan mimikirkan kebesaran Golkar," terangnya.

Berbeda apabila yang dikembangkan adalah syahwat kekuasaan, kata Ariady, perseteruan tidak akan selesai karena masing-masing tidak mau mengalah dan ingin berkuasa sendiri. Padahal kekuasaan itu tidak akan memberi kepuasan.(ss)

tag: #audit   #sistem   #munas  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement