Opini

Jika Tak Demokratis dan Direkayasa

Munas Golkar Berpotensi Lahirkan Partai Baru

Oleh Bani Saksono pada hari Minggu, 23 Nov 2014 - 09:30:57 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

81Golkar_bendera_98.jpg

bendera Partai Golkar (Sumber foto : dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Menjelang Musyawarah Nasional (Munas) IX Partai Golkar, gejolak internal di partai berlambang pohon beringin semakin memanas. Salah satu pemicunya adalah pencalonan kembali Aburizal Bakrie (ARB) sebagai calon ketua umum Pasalnya, ARB dinilai gagal memperjuangkan kemenangan Golkar baik di Pileg maupun Pilpres, apalagi membesarkan Golkar pada Pemilu 2019 mendatang.

Jika Munas Golkar berlangsung tidak demokratis, dikhawatirkan bakal memicu barisan sakit hati.  Ketika aspirasinya tak tertampung, mereka akan keluar dari Partai Golkar. Alternatifnya, mereka akan bikin partai baru atau bergabung ke partai politik yang sudah ada. "Kalau tak bikin partai baru keenam, ya gabung ke partai pecahan Golkar," tutur seorang kader Partai Golkar Rusmin Effendi.  

Saat Ketua Umum Golkar di tangan Akbar Tanjung, lahirlah bayi kembar, yaitu Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB). Pasca Munas yang memilih ketua umum Jusuf Kalla, lahir partai baru, yaitu Gerindra dan Hanura. Lalu, saat JK tumbang di Munas VII  rezim ketua umum Abirizal Bakrie memicu lahirnya Partai Nasdem. "Pertanyaannya, apakah di Munas IX itu juga akan lahir partai baru lagi. Jika proses pemilihannya tak demokratis, hal itu bisa terjadi," tuturnya.

Selain ARB, saat ini sudah muncul tujuh calon ketua umum (caketum) yang siap bertanding di munas memperebutkan kursi Golkar-1. Mereka adalah HR Agung Laksono, Hajriyanto Y Tohari, Priyo Budi Santosa, Airlangga Hartarto, MS Hidayat, Zaenuddin Amali, dan Agus Gumiwang Kartasasmita. Belakangan, ketujuh caketum ingin mengerucut pada satu nama. Siapa dia, Agung belum mau buka kartu. Mantan Menko Kesra itu hanya mengatakan, saatnya nanti akan diumumkan. Yang terang, para caketum itu berharap, ke depan sebaiknya Partai Golkar dipimpin oleh kader muda. (b)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #Berebut kursi Golkar-1  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement