Opini

Ngadu Akibat Foto Tidur Siang, Adian Dibilang Lebay

Oleh Emka Abdullah pada hari Senin, 10 Nov 2014 - 00:39:26 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

25Adian molor-mandra.jpg

Adian Napitupulu kejepret sedang tidur saat sidang (Sumber foto : Madra Pradipta)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Mengadu ke Dewan Pers, karena merasa martabatnya jatuh,  setelah fotonya  yang sedang 'tiduk siang' menyebar,  politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu dianggap lebay.
Menurut Doktor Komunikasi dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, langkah Adian berlebihan. "Meskipun itu haknya sebagai warga negara tapi menurut saya itu lebay, berlebihan," katanya kepada Teropongsenayan, Minggu (9/11/2014) malam.
Sepanjang berita foto tidur siang itu  berdasarkan fakta dan tidak terjadi di ruang privat, ujar Emrus, justru merupakan karya jurnalistik yang baik. Apalagi itu dilakukan oleh pejabat publik seperti anggota  legislatif.  "Anggota legislatif tidur di ruang sidang lalu dimuat pada media massa, itu hal yang wajar dan mengandung nilai berita," papar Emrus.
Dia menambahkan, kalau tidak mau difoto ketika tidur, anggota DPR jangan tidur saat sidang berlangsung. Justru media bisa menjadi kontrol atas kegiatan para wakil rakyat yang mendapatkan gaji dari APBN.
Media yang memuat foto anggota legislatif yang tidur, kata dia,  tidak pada posisi yang salah dari sudut etika jurnalitik dan UU. Di sisi lain, anggota DPR yang  melaporkan media pemuat foto itu ke Dewan Pers juga tidak masalah kalau dilihat dari haknya. "Tapi menurut saya  justru akan berakibat tidak baik bagi anggota DPR yang bersangkutan."
Pengaduan pendiri dan aktivis Forkot  yang kini menjadi anggota DPR itu dilakukan setelah fotonya yang sedang 'tidur siang' di kursi DPR saat rapat Koalisi Indonesia Hebat (KIH), Selasa (4/11), menyebar. Apalagi media yang dianggap menyebarkan fotonya itu tidak memuat hak jawab yang dikirimnya.(ss)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #Jangan tidur saat sidang  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement