Profil

Khatibul Umam Wiranu (1)

Suka Nginep di Gunung Cari Inspirasi

Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Minggu, 09 Nov 2014 - 10:43:14 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

9Khotibul Umam Wiranu.jpg

Khotimul Umam Wiranu (Sumber foto : dok/TeropongSenayan)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Peliknya mengurus sejumlah agenda politik, kadang mengharuskan seorang politisi kehilangan waktu untuk meluapkan hobi dan kesenangannya. Namun tidak bagi politisi Demokrat, Khatibul Umam Wiranu. Politisi yang melenggang ke Senayan lewat dapil Jateng VIII ini, justru dapat menjaga spirit hidupnya sebagai politisi lewat aktivitas hobi yang paling disukainya, yakni traveling.

"Biasanya hari Sabtu dan Minggu itu saya gunakan untuk traveling. Biasanya keluar kota, itu membuat ada semangat baru sekaligus temuan-temuan baru," kata pria kelahiran kota Gudeg, Yogyakarta ini di ruang kerjanya di gedung DPR, Jakarta, belum lama ini.

Kang Umam, begitu ia senang di panggil,  menceritakan dirinya sejak dari kecil senang  mengunjungi tempat-tempat baru. Bahkan, dia mengaku tidak memilih kota tertentu sebagai tempat favorit yang ingin dikunjunginya. "Jalan-jalan aja ke mana. Mulai dulu sih sejak kecil dan mahasiswa. kayaknya sehat kalau jalan itu. muter ke mana aja yang kita mau," ungkap suami dari Mar'atus Saadah ini.

Lebih dari kota ke kota, Umam juga menyenangi wilayah ketinggian. Sayang, saat ini dirinya sudah jarang mendaki gunung. Kebiasaan tracking hanya dilakukannya saat ia masih menjadi aktivis mahasiswa. Sekarang, lanjut Umam, hanya dapat menjangkau daerah pegunungan di kawasan perkampungan masyarakat di daerah pemilihannya. "Kecuali waktu kampanye, saya seneng menemui masyarakat di daerah pegunungan dan nginep di situ," Imbuh alumni Fakultas Adab IAIN Yogyakarta dan Fakultas Hukum UI ini.

Selain traveling, Umam juga menjaga harmoni hidupnya dengan intensitas membaca. Sebagai akademisi dengan latar belakang aktivis dan demonstrans, Umam menganggap buku sebagai kesatuan yang tak terpisahkan dari hidupnya. "Ya kalau baca tulis sih standar-lah. Mulai sejak dulu," ucap mantan ketua PB PMII ini. (b)

tag: #khotimul   #umam   #wiranu   #cari   #inspirasi   #ke   #gunung  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement