Opini

Margarito Kamis: Presiden Jokowi Sudah Mengakui DPR Pimpinan Setya

Oleh emka abdullah pada hari Senin, 03 Nov 2014 - 06:50:42 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

98Margarito.jpg

Margarito Kamis (Sumber foto : Dok)

JAKARTA-  Pertarungan politik  Koalisi Merah Putih (KMP) versus Koalisi Indonesia Hebat (KIH)  di DPR RI makin seru. Setelah paripurna digelar dan memilih pimpinan komisi yang semuanya direbut oleh KMP, giliran KIH membentuk pimpinan DPR tandingan yang diketuai politisi PKB Ida Fauziyah. Pimpinan DPR tandingan ini dibentuk karena KIH tidak mengakui  pimpinan DPR yang diketuai Setya Novanto.
Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menilai pimpinan DPR tandingan itu sebagai sesuatu yang ilegal. "Kalau KIH tidak mengakui pimpinan DPR yang diketuai Setya Novanto berarti Kabinet Kerja yang dibentuk Presiden Jokowi tidak sah juga," ujar Margarito kepada TeropongSenayan.com, akhir pekan lalu.
Margarito menambahkan, Presiden Jokowi telah mengakui keabsahan pimpinan DPR yang diketuai Setya Novanto dengan memakai pertimbangannya untuk membentuk membentuk Kabinet. "Presiden Jokowi sendiri mengakui keabsahan pimpinan DPR untuk menyusun kabinetnya. Mengapa KIH menganggap pimpinan DPR tidak sah," lanjut Margarito mempertanyakan sikap KIH.
Karena itu dia menyarankan  agar pimpinan DPR versi KIH segera membubarkan diri. Sebab dia khawatir aan ada pihak lain yang ingin bertindakk reaktif terhadap sikap Koalisi Indonesia Hijau (KIH). Misalnya, mereka menuntut pembubaran Kabinet Kerja krena DPR-nya tidak diakui.  Ada juga masyarakat kawasan Indonesia Timur yang ingin mengangkat presiden sendiri, karena Jokowi dianggap sebagai presiden untuk kawasan Indonesia Bagian Barat. (b)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #KIH vs KMP  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement