Berita

Atasi Kisruh DPR

Jokowi Perlu Kumpulkan Para Ketua Partai

Oleh Emka Abdullah pada hari Sabtu, 01 Nov 2014 - 09:32:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

87jokowi jk_01.JPG

jokowi jk di dpr (Sumber foto : Teropong Senayan/Mulkan Salmun)

JAKARTA--Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menyarankan Presiden Joko Widodo mengudang para ketua partai politik. Langkah ini diyakini bisa mengatasi krisis politik munculnya DPR tandingan.

"Presiden bisa menggunakan pengaruh dan kewibawaannya untuk mengundang Megawati, Aburizal, Prabowo, SBY dan lain-lain untuk bicara hari hati ke hati," ujar Yusril melalui siaran per yang diterima TeropongSenayan, Sabtu (1/11/2014) di Jakarta.

Kalau semua ketua partai sudah bicara, berembuk dan menyepakati jalan keluarnya, menurut Yusril, mereka wajib mengomunikasikan dengan anak buahnya di DPR. Sehingga politisi di parlemen bisa dikendalikan setelah pimpinan parpol kompromi.

"Tidak ada yang punya kewibawaan yang lebih besar untuk mengundang para ketua partai itu kecuali seorang Presiden. Ini ujian besar bagi Jokowi Presiden bukan sekedar kepala eksekutif, tetapi di mata rakyat adalah bapak bangsa," tulis Yusril.

Yusril menambahkan, presiden punya gezag atau kewibawaan yang harus dimanfaatkan untuk menunjukkan kepada rakyat bahwa ia mampu mengatasi keadaan apapun juga yg menimpa bangsa ini.(ris)

tag: #gladi bersih pelantikan jokowi jk  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement