Berita

Masih Selesaikan Penetapan Komisi-Komisi

Umam Kandidat Kuat Ketua BKSAP

Oleh agus eko pada hari Kamis, 30 Okt 2014 - 08:18:46 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

87TEROPONGBERITA.jpg

Chatibul Umam Wiranu (Sumber foto : dok teropongsenayan.com)

JAKARTA-Mantan Ketua Komisi II DPR F-Partai Demokrat, Chatibul Umam Wiranu (CUW) bakal diplot menjadi salah satu ketua alat kelengkapan dewan (AKD), yakni Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).  "Ya, memang F-PD sedang mengupayakan ke arah itu. F-PD dijatah dapat satu ketua di AKD," katanya  kepada TeropongSenayan.com  pagi ini, di Jakarta, Kamis, (30/10/2014).

Dirinya, sambung Umam,  saat ini untuk sementara ditempatkan pada Komisi VIII DPR. "Demokrat tak dapat jatah ketua di Komisi ini, namun pada Komisi X DPR," ungkap kader muda NU ini.

Lebih jauh Umam menjelaskan agenda DPR hari ini masih melanjutkan sejumlah rapat  pembentukan komisi-komisi yang belum selesai. Bahkan ada kemungkinan diteruskan dengan penetapan alat kelangkapan dewan (AKD) lainnya.  "Ya, masih melanjutkan komisi-komisi yang belum selesai. Namun kalau pembentukan itu cepat selesai hari ini, maka bisa jadi langsung dilanjutkan dengan pembentukan pimpinan Badan Legislasi (Baleg), Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), termasuk Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD)," tutur Umam lagi.

Aktifis Gerakan Pemuda Ansor ini menambahkan DPR tetap berkonsentrasi terlebih dahulu menuntaskan sidang-sidang yang tertinggal. "Targetnya, kalau bisa hari ini selesai semua komisi. Namun kalau memang  belum tuntas, maka minggu depan (Nopember) ditargetkan pembentukan AKD tuntas semuanya. Sehingga semua pimpinan komisi bisa ditetapkan di paripurna DPR," terangnya.

Dengan cepat selesainya pembentukan itu, lanjut Umum, maka DPR bisa segera bekerja dan membuat agenda rapat kerja dengan mitra-mitranya serta bisa melakukan tugas pokok dan fungsinya, yakni pengawasan, budgeting dan legislasi.

Diakui Umam, kondisi saat ini jelas membuat kinerja DPR terganggu. Bahkan DPR semakin disorot publk.  "Apalagi dengan kejadian kemarin, ada penggulingan meja," pungkasnya. (ec)

tag: #Umam  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement