Opini

Dinilai Cacat Sejarah

Arbi Sanit : Jangan Sampai Nama Wiranto Nongol

Oleh Emka Abdullah pada hari Minggu, 26 Okt 2014 - 11:56:31 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

16ArbiSanitOke.jpg

Arbi Sanit (Sumber foto : eko s hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA--Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengumumkan kabinetnya Minggu (26/10/2014) sore ini. Sejumlah kalangan masih menghawatirkan munculnya nama- nama yang dianggap bermasalah, terutama masalah hak asasi manusia (HAM).

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Arbi Santi khawatir nama-nama seperti Wiranto, Ryamizard Ryacudu, dan As'ad Said Ali akan 'nongol' di susunan kabibet Jokowi yang dimumkan sore ini.

"Kalau ketiga nama itu masuk kabinet, secara keseluruhan kabinet Jokowi akan cacat," ujar Arbi kepada TeropongSenayan.com, di Jakarta, Sabtu (26/10/2014).

Dalam penilaian Arbi ketiga nama tersebut punya masalah terkait dengan pelanggaran HAM. Wiranto dianggap bermasalah dalam pelanggaran HAM tahun 1998 dalam kasus Semanggi I, Semanggi II, dan kasus Trisakti.

Sedangkan Ryamizard dianggap terkait dengan kasus pelanggaran HAM di Aceh. Sementara As'ad diduga punya peran dalam kasus meninggalnya aktivis HAM Munir.

"Bagaimana bisa tokoh yang disebut dengan kasus pelanggaran HAM diangkat menjadi menteri. Resistensi mereka sangat tinggi di masyarakat," papar Arbi lagi.

Arbi menduga Presiden Jokowi hanya mempertimbangkan aspek kemampuan, bebas korupsi dan integritas jika menunjuk Wiranto, Ryamizard, dan As'ad.

Sementara aspek keterkaitannya dengan HAM diabaikan. Hal itu dilakukan sebagai wujud kompromi politik untuk bagi-bagi kekuasaan.

Sebagaimana diberitakan, Wiranto akan menduduki jabatan Menko polhukam. Sedangkan Ryamizard akan menempati posisi Menteri Pertahanan. Sementara As'ad diberi jabatan Kepala BIN.(ris)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #Arbi  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement