Berita

Hari Ini, Surya Paloh Jadi Saksi di Sidang Korupsi Rio Capella

Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 23 Nov 2015 - 08:55:33 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

34surya-paloh1.jpg

Surya Paloh (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Persidangan kasus dugaan penyuapan dengan terdakwa mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Patrice Rio Capella yang digelar hari ini, Senin (23/11/2015) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi akan menghadirkan beberapa saksi.

Salah satu saksi yang akan dihadirkan dalam sidang tersebut adalah Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Hal itu dikonfirmasi oleh kuasa hukum Rio Capella, Maqdir Ismail.

"Saksinya pak Surya Paloh," kata Maqdir saat dihubungi, Senin (23/11/2015).

Sebelumnya, dalam berkas dakwaan, nama Surya Paloh disebut saat menjadi perantara islah antara Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan wakilnya, Tengku Erry Nuradi. Islah dilakukan di kantor DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Selain Paloh, jaksa penuntut umum juga akan menghadirkan Gatot, supir dari istri Gatot yang bernama Ramdan Taufik Sodikin sebagai saksi.

Selain itu, dalam sidang juga akan dihadirkan Clara Widi Wiken, kajaj kandung dari mantan temab kuliah Rio, Fransisca Insani Rahesti. Gatot melalui istrinya, Evy Susanti, diduga menyuap Rio sebesar Rp 200 juta untuk mengamankan penyelidikan kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial di Pemerintah Provinsi Sumut.

Sementara itu, Clara adalah kakak kandung Fransisca yang merupakan perantara suap dari Evy kepada Rio. Terakhir, Ramdan merupakan supir pribadi Evy yang diutus mengantarkan uang tambahan untuk Rio ke kantor pengacara Otto Cornelis Kaligis, tempat Fransisca bekerja.

Atas perbuatannya, Rio dijerat Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.(yn)

tag: #rio-capella   #surya-paloh  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement