Berita

Menkopolhukam Tegaskan Presiden Jokowi Tak Gunakan Pelobi

Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Selasa, 10 Nov 2015 - 01:01:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

19Menko-Polhukam-Luhut-Binsar-Panjaitan.jpg

Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dipastikan tidak ada pelobi dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat pada 26 Oktober lalu. Hal ini disampaikan dengan tegas oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Pandjaitan.

"Tidak ada pelobi, jangan rendahkan bangsa ini. Hanya karena itu kata-kata dari doktor, berarti itu benar, dan bisa dipercaya," kata Luhut di Jakarta, Senin (9/11/2015).

Doktor yang dimaksud Luhut adalah Dr Michael Buehler, salah satu pengajar di Universitas London yang menulis tentang penggunaan pelobi asing dalam merencanakan kunjungan Presiden Jokowi ke AS.

Luhut juga membantah perihal kunjungannya ke Amerika pada Maret 2015 lalu yang dikaitkan dengan urusan sewa pelobi asing untuk mengatur kunjungan Presiden Jokowi.

"Ya, waktu itu saya menyampaikan surat pribadi Presiden (Jokowi) kepada Presiden Obama, terkait dengan menjawab permintaan Presiden Obama untuk Presiden Jokowi berkunjung ke Amerika. Itu saja," kata dia.

Sementara terkait kedekatannya dengan salah satu pelobi asing, Menteri Luhut mengatakan dirinya dekat dengan semua orang.

"Hanya teman, semua teman," katanya. (mnx/Ant)

tag: #jokowi   #jokowi-bertemu-obama   #jokowi-pakai-jasa-broker  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement