Berita

Effendi Simbolon Ungkap Agenda Terselubung Jokowi Berkunjung ke Amerika

Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Senin, 28 Sep 2015 - 16:09:44 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

48jokowi1.jpg

Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon mengisyaratkan ada agenda terselubung dari rencana presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Amerika.

Ia menenggarai Jokowi akan membicarakan konsesi yang ditawarkan Amerika terhadap pemerintah Indonesia jika kondisi ekonomi nasional semakin memburuk.

"Saya dengar ada penawaran menjalankan program BLT (Bantuan Langsung Tunai), kalau masa krisis ini semakin memburuk, itu aja," kata anggota Komisi I DPRRI tersebut di gedung DPR, Jakarta, Senin (29/9/2015).

Kendati demikian, Effendi tidak memberikan kepastian terkait info yang didengarnya itu. Ia hanya berharap pemerintah dapat mengklarifikasi informasi yang berkembang terkait adanya indikasi kebutuhan Indonesia meminta bantuan Amerika mengatasi persoalan ekonomi.

Selain itu, Effendi juga mencurigai akan ada pembahasan kedua pimpinan negara antara Indonesia dan Amerika menyangkut diplomasi melonggarkan UU Minerba. Isu tersebut berkembang, kata dia, jauh sebelum ada rencana Jokowi ke Amerika.

"Saya kira, kuat dugaan ya bahwa indonesia akan kalah dalam pertarungan itu, dan apakah ini kalah karena massage yang sudah diterima sebelum pilpres, atau juga kaitan dengan posisi tawar kita dengan OPM (Organisasi Papua Merdeka)," ungkapnya.(yn)

tag: #jokowi   #jokowi ke amerika  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement