Berita

Ketua KPK T Ruki : Korupsi Terjadi di Seluruh Jajaran Pemerintahan

Oleh Aris Eko pada hari Senin, 28 Sep 2015 - 07:10:14 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

73medium_94taufiqurraham ruki.jpg

Taufiqurrahman Ruki (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Inilah penilian yang cukup merisaukan dari orang paling kompeten dalam pemberantasan korupsi. Menurut Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki korupsi makin menjadi dan mewabah ke seluruh sendi pemerintahan.

"Saya meyakini bahwa perbuatan korupsi itu tidak menurun, bahkan terjadi hampir seluruh jajaran birokrasi pemerintahan," ujar T Ruki di Jakarta, Senin (28/9/2015). Pernyataan Ruki diperoleh TeropongSenayan melalui grup media sosial.

Tak hanya itu, Ruki juga mengkhawatirkan bahwa perilaku koruptif telah merasuki ke seluruh golongan masyarakat. Tak terkecuali kalangan masyarakat madani atau civil society termasuk LSM, pengamat, akademisi juga mantan pejabat negara.

"Perilaku koruptif itu nampak pada adanya pada ketidakjujuran dan kemunafikan dalam sikap hidup, perilaku dan ucapan," ujar Ruki. Semua ini membuat Ruki pesimistis dengan upaya pemberantasan korupsi yang tengah dilakukan.

Menurut Ruki, pemberantasan korupsi hanya dengan mengandalkan tindakan represif/penegakan hukum, bahkan tembak langsung sekalipun, tidak akan pernah memberi hasil yang optimal.

"Perlu diawali, disertai dan diikuti dengan perbaikan sistem secara menyeluruh, baik pada sistem sosial maupun pada sistem birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan," papar Ruki yang sudah dua periode memimpin KPK.(ris) 

 

tag: #korupsi   #ruki   #kpk  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement