Berita

Agar Tak Terulang, Tiap Hutan Terbakar Pemerintah Harus Ambil Alih

Oleh untung suryo pada hari Rabu, 23 Sep 2015 - 00:30:52 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

17fuad bawazier.jpg

Fuad Bawazier (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Tidak sulit mengatasi kebakaran hutan kalau pemerintah serius. Kalau sudah 17 tahun selalu terjadi berlulang tetapi tidak bisa diatasi, itu artinya pemerintah hanya nonton.

"Iya jelas, pemerintahnya lembek dan cenderung jadi penonton saja daripada menyelesaikan masalah," kata mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier, saat dihubungi, Selasa (22/9/2015).

Ancaman-ancaman akan mencabut izin dan lainnya hanya kata-kata bersayap, pura-pura dan tidak akan membuat jera para pelaku yang tak lain pemilik lahan. Demikian halnya penetapan tersangka, tidak akan membuatnya kapok karena bukan aktor utamanya.

Fuad punya resep jitu dan tidak sulit untuk mengatasi kebakaran hutan asal presiden dan yang lain setuju. Terbitkan saja Perppu penyelamatan hutan. Isinya ringkas, semua lahan yang terbakar atau dibakar, diambil alih oleh negara.

"Saya yakin, kalau perppu itu diterbitkan, tidak ada lagi pengusaha yang membakar hutan, karena takut lahannya disita oleh negara. Mereka justru akan menjaga hutannya," jelasnya.(ss)

tag: #sita lahan  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement