Berita

Biaya Promosi Pariwisata Kemenpar Rp 3,5 Triliun Ditentang Anggota Komisi X

Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 16 Sep 2015 - 15:53:17 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

5kemenpar.jpg

Gedung Kemenparekraf (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggaran promosi pariwisata nasional periode 2016 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) naik dari Rp 500 Miliar menjadi Rp 3,5 triliun.
Kenaikan anggaran promosi tersebut diklaim Kemenpar untuk melampaui pecapaian target wisatawan periode sebelumnya.

"Sebelumnya untuk wisatawan mancanegara naik 2,5 (persen) dan wisatawan nusantara mencapai 5 jutaan. Nantinya bagaimana mencapai target naik 2,9 persen untuk wisatawan mancanegara dan 10 jutaan untuk wisatawan nusantara," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam rapat kerja dengan Komisi X di ruang rapat Komisi X DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Dari pemaparan yang disampaikan Arief Yahya, tidak semua anggota komisi yang membidangi masalah pendidikan, kebudayaan, olahraga dan pariwisata itu setuju. Anggota Komisi X dari fraksi PDIP Esti Wijayanti menyatakan keberatannya.

Esti mengatakan peningkatan anggaran bagi promosi pariwisata di Kemenparekraf perlu dikaji ulang. Pasalnya, perbaikan program pariwisata tidak harus memprioritaskan promosi mengingat masih banyak sektor lain yang juga perlu dibenahi.

"Misalkan terkait kebersihan dan kesehatan tempat-tempat wisata. Jadi penekanannya tidak semata promosi," ungkapnya.

Ia mengusulkan agar Kemenpar lebih kreatif dalam membingkai promosi yang digalakkannya. Kemenparekraf tidak harus bergantung pada promosi yang menggunakan jasa media visual yang membutuhkan biaya mahal.

"Tetapi harus lebih kreatif semisal dengan pentas budaya yang melibatkan sejumlah seniman dan mengikutsertakan promosi kuliner," ungkapnya.(yn)

tag: #kemenpar   #pariwisata indonesia  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement