Berita

Jurus Ahok Cegah Maraknya PHK

Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Kamis, 10 Sep 2015 - 08:00:20 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

47Ahok-indra2.jpg

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) lantaran situasi perekonomian dalam negeri terus memburuk membuat masyarakat khawatir.

Namun, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memiliki cara sendiri agar PHK tidak meluas. Ia akan mencoba mencari perusahaan yang memproduksi produk-produk kreatif. Nantinya produk tersebut bisa dimasukkan ke dalam e-catalogue Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP).

"Kita mau cari produk-produknya bisa nggak dimasukkan ke dalam LKPP kreatif. Kalau bisa masuk ke dalam e-catalogue dan ada kepentingan sama SKPD, kita akan beli," kata Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2015).

Pemecatan terhadap karyawan atau pegawai, lanjut Ahok, lantaran produk perusahaan tidak laku lagi di pasaran sehingga pemasukan pun menjadi berkurang.

Oleh sebab itu, sebut Ahok, lewat LKPP nantinya pemprov bisa membeli barang untuk kebutuhan progran di masing-masing SKPD. Jadi, tegasnya, pengusaha tetap tidak kehilangan pelanggan dan terus berjalan.

Ia mengaku pihaknya siap memgeluarkan anggaran untuk mengatasi itu. Ahok meminta bawahannya untuk mendata perusahaan produksi barang atau jasa yang akan bangkrut.

Ia mencontohkan seperti perusahaan pembuat ranjang tempat tidur. Jika memang ada pabrik yang mulai bangkrut karena menurunnya jumlah pemerintahan, maka Pemprov siap membelinya. Nantinya ranjang bisa disalurkan ke rumah susun.

"Kalau ada di e-catalogue, bisa beli langsung kita isi semua rusun," ujarnya.(yn)

tag: #phk   #ahok   #gubernur dki  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement