TSPartai

Waah, Tiga Menteri PDIP Bisa Balik Lagi Jadi Anggota DPR

Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 09 Sep 2015 - 11:34:10 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

82PF_Triptych_08092015070237135.jpg

Tjahjo Kumolo, Puan Maharani dan Pramono Anung (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Meski secara etika memalukan, namun berdasarkan aturan atau ketentuan UU yang berlaku tiga Menteri PDIP bisa balik lagi jadi anggota DPR.   Sebab larangan itu memang belum diatur.

"Mereka kan sudah mengundurkan diri. Masak kalau terkena reshuffle balik lagi, sekalipun surat PAW nya belum keluar. Namun secara hukum memang bisa saja mereka balik lagi menjadi anggota DPR," ujar Syarief Hasan, Rabu (9/9/2015).

Syarief Hasan yang juga Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini menegaskan secara etika tidak baik jika tiga menteri dari PDIP kembali lagi menjadi anggota DPR. Sebab bisa merusakan tatanan penyelenggaraan ketatanegaraan.

"Secara etika memang tidak bagus kalau nantinya balik lagi menjadi anggota DPR," kata Syarief yang juga mantan Menteri Koperasi dan UKM ini yang ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Isu tiga menteri PDIP yang merangkap masih tercatat sebagai anggota DPR kembali menjadi sorotan masyarakat luas. Terutama posisi Puan Maharani yang digadang-gadang menggeser kursi Ketua DPR yang diduduki Setya Novanto.

Pihak Setjen DPR mengaku tidak bisa memproses PAW disebabkan DPP PDIP memang belum mengirimkan surat proses PAW. Sehingga, meski sudah hampir setahun menjadi Menteri, baik Puan dan Tjahjo belum ada yang menggantikan posisinya sebagai anggota DPR.(ris)

tag: #Puan   #Pramono   #Donald Trump  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement